Siapa Sangka Taman Rekreasi Ini Dulunya Semak Belukar, Sekarang Cantik!

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Lahan seluas 1 hektare milik pemerintah Desa Girimulyo, Ngargoyoso disulap menjadi area rekreasi anyar di lereng Lawu. Dari semula hamparan ilalang, kini destinasi wisata unik yang dinamakan Taman Saraswati itu mulai ramai dikunjungi.  

Taman yang resmi dibuka per 1 Januari 2018 lalu, dikenal wisatawan lokal dengan konsep edukasi dan hiburannya bagi anak dan keluarga.

"Desa Girimulyo merupakan pintu masuk kawasan kebun teh Kemuning, candi Sukuh dan Cetho. Desa dan lembaga desa berupaya maksimal untuk mendatangkan pendapatan untuk desa dengan menyulap lahan kurang potensial menjadi tempat wisata yang menarik,” papar Kepala Desa Girimulyo, Suparno kepada KRJOGJA.com, Minggu (25/3/2018).

Ia mengatakan Taman Saraswati menawarkan olahraga turbing, taman selfi, villa dan gunung cilik. Saat ini, wahana yang bisa dinikmati baru di area taman, resto, turbing dan edukasi pertanian.

“Kami tengah membangun musium buah, dimana ada 36 macam buah di tempat tersebut. Kami memang harus inovatif untuk mendatangkan pendataan desa,” imbuhnya.

Tiga bulan berlalu sejak dibuka, Taman Saraswati telah memiliki pengunjung langganan dari peserta didik wilayah Karanganyar dan sekitarnya. Mereka biasanya out bound di tempat tersebut. Selain bisa turbing, peserta out bound akan mendapatkan edukasi pertanian dan mengenal buah-buahan.

"Momen tahun baru kemarin, ada 2.000 pengunjung. Sedangkan per minggunya sekitar 400-500 pengunjung,” imbuh pria yang memiliki hobi merawat tanaman tersebut.

Semenatara, pihak pengembang, Heri mengatakan rencana pembangunan Taman Saraswati yang akan dikerjakan sekitar 1 hektare. Sesuai nama Saraswati berarti ilmu pengetahuan, pihaknya berharap yang hadir akan mendapatkan pengalaman positif. Khususnya edukasi pertanian. Pengadaan alat pertanian menjadi pelengkap fasilitas penunjang.

“Anggaran dasar untuk menyulap Taman Sarawati sekitar Rp 1,3 miliar. Rata-rata justru yang kesini dari luar kota,” imbuhnya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI