Sisir Warga Tercecer Vaksin, Pemdes Singopadu Jemput Bola

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Singopadu, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, melakukan vaksinasi door to door

untuk menyisir warga yang belum tervaksin, Kamis (21/10/2001). Tercatat masih ada ratusan warga yang belum tersentuh vaksin, terutama warga lanjut usia (lansia).

Sekretaris Desa (Sekdes) Singopadu, Suyatno mengatakan, upaya jemput bola vaksinasi dilakukan guna mengejar cakupan vaksin. Sebagian besar lansia yang belum tersentuh vaksin karena faktor keterbatasan fisik serta faktor ketakutan. “Ada lansia yang sudah tidak bisa jalan dan terpaksa kita datangi untuk disuntik. Ada pula yang takut divaksin, kemudian kami berikan pendekatan dan pemahaman, akhirnya mau divaksin,” ujarnya.

Menurut Suyatno, upaya jemput bola vaksin ini juga melibatkan aparat RT untuk mendata warganya yang belum vaksin. Tim yang juga melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas kemudian mendatangi warga. “Kita bagi beberapa tim, untuk hari ini hasilnya 100 lebih warga yang disuntik ‘door to door’. Setelah melakukan edukasi dan pendekatan, alhamdulilah semua warga akhirnya mau disuntik,” jelasnya.

Camat Sidoharjo, Agus Tri Pranoto menambahkan, vaksinasi di Desa Singopadu ini dijatah 507 dosis. Upaya penyuntikan dilakukan terpusat di balai desa dan juga jemput bola. “Kami apresiasi pemdes yang juga melakukan jemput bola. Bagaimanapun, ada warga yang keterbatasan fisik dan harus dilakukan pendekatan agar mau divaksin,” ujarnya.

Untuk wilayah Kecataman Sidoharjo, jelas Agus, saat ini upaya vaksinasi terus digenjot untuk mempercepat capaian herd immunity

tingkat kabupaten yang saat ini telah mencapai angka 73%. Diharapkan angka ini terus bertambah seiring upaya vaksinasi yang terus dikebut. “Capaian vaksinasi merupakan faktor penting untuk menurunkan level PPKM. Sragen saat ini sudah level 2 dan diharapkam bisa turun lagi ke level 1 dalam waktu dekat,” tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI