Siswa Sulit Kuota dan Sinyal, Bupati Perintahkan Buka Akses Internet Desa

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bupati Karanganyar Juliyatmono memerintahkan Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar mengecek jaringan internet dari kecamatan sampai desa. Tujuannya memudahkan peserta didik belajar daring dengan memanfaatkan fasilitas pemerintah.

“Sebab ada juga anak yang mencari sinyal sampai ke kuburan. Tolong dicek, desa mana yang internetnya kurang bagus. Pemkab Karanganyar akan memfasilitasi hal tersebut,” katanya kepada KR

, Sabtu (8/8).

Ia menyadari akses internet di wilayahnya tak semua stabil. Bahkan, belum semua siswa memiliki gawai untuk sarana pembelajaran daring.

Sementara itu di kantor Desa Suruhkalang, Jaten disediakan masker dan minuman gratis serta bebas mengakses jaringan internet. Cara ini berhasil mengundang para peserta didik menikmati fasilitas itu.

Siswi MTs Muhammadiyah Blimbing Jaten, Nurul Fatiyatul Hidayah mengatakan sudah dua hari dirinya dan teman-temannya menikmati fasilitas itu di kantor desa.

“Internetnya cepat dan lancar. Ini mau membuat tugas IPA,” ujarnya.

Tugas IPA yang dikerjakannya melalui aplikasi classroom di ponsel. Berbekal buku pelajaran di tangan, gadis berjilbab ini mengisi jawaban-jawaban soal sambil menjelajah internet. Ia bersama seorang temannya mengaku sebenarnya memiliki kuota data. Namun merasa sayang apabila cepat habis gara-gara sering dipakai pembelajaran daring.

BERITA REKOMENDASI