Sky Bridge Terbuka untuk Umum 24 Jam

SOLO, KRJOGJA.com – Jembatan interkoneksi antara Terminal Bus Tirtonadi  dengan Stasiun Kereta Api (KA) Solo Balapan atau sering disebut sky bridge dioperasikan untuk jalur umum selama 24 jam mulai Senin (25/2). Padahal, sejak dioperasikan dua tahun silam, fasilitas penghubung antarmoda ini hanya dioperasikan mulai pukul 04.00 hingga pukul 18.30 WIB.

Koordinator Terminal Bus Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Minggu (24/02/2018)menjelaskan wacana untuk mengoperasikan sky bridge untuk umum sejak tahun 2017 lalu, hanya saja baru dapat realisasikan tahun ini. Semula, sky bridge hanya untuk memfasilitasi penumpang yang hendak berganti moda transportasi dari bus ke KA atau sebaliknya, sehingga masyarakat pada umumnya tak bisa memanfaatkan sebagai jalur jalan kaki.

Pengoperasian secara khusus itu, kata Joko disebabkan pada ujung sky bridge di kawasan Stasiun KA Balapan, belum tersedia akses pintu keluar bagi masyarakat umum. Karenanya penumpang bus dari Terminal Tirtonadi yang hendak berganti moda transportasi, harus mengantongi tiket KA sebagai alat boarding yang diberlakukan di Stasiun Balapan. 

"Saat ini manajemen Stasiun KA  Balapan telah membangun pintu keluar di zona 3 berdekatan dengan area parkir Timur Stasiun Balapan, sebagai akses bagi masyarakat umum dan siap dioperasikan mulai Senin (25/2) ini," jelasnya.

Dengan begitu, masyarakat atau penumpang bus di Terminal Tirtonadi yang hendak mengakses sky bridge tak perlu lagi dipersyaratkan mengantongi tiket KA Sebagaimana diberlakukan waktu sebelumnya. Sedangkankan masyarakat dari kawasan Stasiun Balapan yang hendak menuju Terminal Tirtonadi, seperti waktu sebelumnya bersifat bebas. (Hut)

BERITA REKOMENDASI