Soal Pengambalian Dana Refocusing, Pemkab Tunggu ‘ACC’ Menkeu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Penganggaran kembali belanja di APBD dari dana refocusing Covid-19 belum final dijajaki ke pemerintah pusat. Pemkab Karanganyar juga menempuh konsultasi ke Kemenkeu.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan izin dari pemerintah pusat dibutuhkannya agar dapat melaksanakan APBD perubahan 2020. Ia mengklaim pemerintah pusat mempersilakan pemda menempuh APBD perubahan jika merasa bisa mengelola kembali keuangannya.

“Jika diperbolehkan oleh Menkeu, dana tersebut bisa dibahas kembali dari APBD Perubahaan dan bisa direalisasikan untuk pembangunan,” papar Bupati Juliyatmono kepada wartawan di rumah dinasnya, Jumat (19/6).

Bupati mengakui selama pendemi, dana APBD yang dibelanjakan ke sejumlah OPD terpaksa di-recofusing untuk penanganan bencana non alam tersebut. Penggunaannya untuk jaring pengaman sosial dan rehabilitasi pascapandemi. Rencana pembangunan diharapkan berlanjut ke realisasi dari pembiayaan APBD. “Kami sudah kirim surat ke Menkeu, semoga bisa disetujui,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI