Sragen Raih Penghargaan APE dari Kementrian PPA

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA). Total ada sebanyak 159 kabupaten/kota di Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan diterima langsung oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Istana Wakil Presiden, beberapa waktu lalu. Pemkab Sragen memperoleh penghargaan dengan kategori Madya dari 159 pemerintah kabupaten/kota lain se-Indonesia.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada pimpinan daerah atas prestasi dan kontribusi dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKBPPPA) Sragen, Joko Sugeng dan Kepala Bappeda Litbang, Tugiyono.

Kabag Humas Setda Sragen, Yuniarti mengatakan penghargaan APE ini menunjukkan bahwa Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) di Sragen dapat di implementasikan di masyarakat. "Di Sragen untuk pengarusutamaan gender mengikis kekerasaan, marginalisasi, setereotipe atau pelabelan pada perempuan," ujarnya.

Menurut Yuniarti, berbagai program kemanfaakan pembangunan selama ini juga dilakukan untuk semua gender. Seperti infrastruktur yang baik dan ramah gender. "Misalnya jalan yang baik untuk ibu hamil menuju puskesmas atau pembuatan tangga yang tidak terlalu tinggi. Ini jelas juga menjadi catatan sehingga Sragen meraih penghargaan," tambahnya.

Selain itu yang juga menjadi catatan penting yakni partisipasi kesetaraan dalam pembangunan. Seperti perempuan diajak aktif partisipasi dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Kemudian perempuan juga sebagai kontrol, seperti terlibat dalam pembuatan peraturan daerah (Perda), public hearing dan sebagainya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI