Sragen Raih Penghargaan Peduli HAM

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen kembali meraih penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM. Penghargaan diberikan Menkumham, Yasona Laoly, kepada Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Solo beberapa waktu lalu.

 

Penghargaan diberikan lantaran Sragen memenuhi beberapa kriteria seperti terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, serta rumah tidak layak huni (RTLH). Penilaian dilakukan oleh tim Kemenkumham dengan cara mengecek langsung kondisi di daerah. Berbagai kriteria penilaian daerah peduli HAM diatur dalam Permenkumham No. 34/2017.

Bupati Yuni Sukowati ditemui Rabu (13/12) mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih, dan mendapat pengakuan pusat. Diraihnya penghargaan ini merupakan buah kerja keras dan kekompakan seluruh jajaran Pemkab Sragen. "Alhamdulillah, ini adalah buah kerja keras kita semua. Semoga kami makin termotivasi memberikan pelayanan terbaik bagi warga Sragen," ujarnya.

Menurut Yuni, penghargaan ini jangan lantas membuat jajaran cepat puas atas prestasi yang ditorehkan. Pemberian penghargaan harus bisa menjadi cambuk bagi peningkatan kinerja. "Kami sadar masih banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan dalam pemenuhan hak-hak masyarakat. Setiap hal itu akan terus dibenahi secara bertahap sesuai skala prioritas," jelasnya.

Kabag Hukum Setda Sragen, Muh Yulianto menambahkan, nilai yang diperoleh Sragen sebenarnya paling tinggi dibandingkan kabupaten lain di Jawa Tengah. Informasi tersebut diperoleh dari Kemenkumham Kanwil Jateng. "Ada banyak sekali indikator penilaian, 83 indikator. Nilai kami 99,5, tertinggi se-Jateng," tandasnya. (Sam)

 

BERITA REKOMENDASI