Sragen Siap Kirim 150 Ton Sampah ke Solo

SRAGEN (KRjogja.com) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sragen siap mengirim sampah ke Kota Solo hingga 100-150 ton/hari. Pengiriman sampah sebanyak itu sebagai perwujudan mengikuti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 18 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah yang salah satunya akan berada di Kota Solo.

Selain Solo, proyek itu juga akan berada di DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. "Kami siap mendukung dan sedang mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama armada untuk mengangkut sampah dari Sragen ke Solo," kata Kepala BLH Sragen, Tasripin, Selasa (26/07/2016).

Menurut Tasripin, karena proyek itu merupakan kebijakan Presiden, maka harus harus didukung sebaik-baiknya. Salah satu yang dipersiapkan adalah mengajukan permohonan bantuan armada pengangkut sampah kepada pemerintah pusat. Armada itu nanti yang bakal dipakai untuk mengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanggan di Desa Tanggan Kecamatan Gesi Sragen ke TPA Putri Cempo di Mojosongo, Jebres, Solo.

Tasripin mengungkapkan, untuk mewujudkan program ini memang anggarannya dibiayai dari APBN. Dengan mengirim sampah ke Solo, Sragen juga mendapat berbagai keuntungan. Di antaranya adalah memperpanjang usia TPA Tanggan Gesi, karena setiap hari ada sampah yang dibawa ke Solo untuk dijadikan pembangkit listrik berbasis sampah. (Sam)

BERITA REKOMENDASI