Sragen Siap Menggelar Seleksi CASN

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRjogja.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memastikan bakal menggelar seleksi Calon Aparat Sipil Negara (CASN) 2018 dari formasi umum maupun tenaga honorer kategori 2 (K2). Sebagai persiapan, pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk penyelenggaraan seleksi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto kepada wartawan Rabu (12/9) mengatakan, sesuai rapat koordinasi persiapan seleksi CASN 2018 di Jakarta beberapa waktu lalu, pemerintah pusat akan mengalokasikan sebanyak 125.000 formasi CASN untuk provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada tahun ini. Hanya saja sejauh ini belum bisa dipastikan, berapa kuota yang didapat per kabupaten/kota.

Tatag memastikan, formasi dari pusat tersebut siap ditindaklanjuti pemerintah daerah. Nantinya yang berwenang menggelar tes adalah pemerintah provinsi, sementara kabupaten hanya ketempatas tes saja. "Intinya Sragen siap menggelar seleksi. Kalau formasi belum dapat angkanya berapa. Tapi yang diajukan terutama untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan," ujarnya.

Menurut Tatag, seleksi CASN nantinya akan digelar pada pertengahan September sampai Oktober. Untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kabupaten Sragen akan menjadi penyelenggara seleksi bersama Kabupaten Pekalongan. "Nantinya semua proses seleksi akan digelar dengan menggunakan sistem SSCN (sistem seleksi CASN nasional)," jelasnya.

Selain formasi umum, jelas Tatag, nantinya juga akan digelar seleksi untuk formasi dari jalur tenaga honorer K2. "Untuk honorer K2, tentunya yang memenuhi persyaratan sesuai dengan UU Kesehatan dan Pendidikan serta UU ASN. Ada juga yang tidak perlu mengikuti tes asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan," tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI