Sragen Terapkan ‘New Normal’ Mulai 10 Juni

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memutuskan untuk memulai New Normal di tengah pandemi Covid 19 pada 10 Juni mendatang. Seluruh sektor perekonomian, pendidikan dan pariwisata secara perlahan akan dibuka kembali.

Hal itu diputuskan dalam rapat gabungan lintas sektor yang digelar di Aula Sukowati Setda Sragen, Kamis (04/06/2020). Rapat dipimpin Bupati Kusdinar Untung Sukowati, dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimpda) plus, pejabat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Setelah mendengar berbagai masukan, kami (pemkab) memutuskan untuk meemulai New Normal pada 10 Juni mendatang. Nanti akan kami terbitkan surat edaran (SE) bupati terkait teknis pedoman dan aturan pelaksanaan New Normal,” ujar Yuni usai rapat.

Menurut Yuni, untuk sektor ekonomi seperti pasar dan pusat perekonomian lainnya diperbolehkan buka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Demikian halnya dengan perkantoran atau kuliner, juga harus mengutamakan protokol kesehatan. “Tentunya harus tersedia tempat cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh tempat usaha dan perkantoran,” jelasnya.

Tidak kalah penting, jelas Yuni, seluruh warga harus memakai masker saat beraktivitas atau melakukan perjalanan. Nantinya juga akan diatur terkait sanksi bagi warga yang ngeyel tidak memakai masker. “Apakah sanksi sosial seperti kerja sosial membersihkan tempat umum atau sanksi lain, akan kami bahas lebih lanjut dan akan dituangkan dalam SE bupati,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI