Sriyanto Terima Banyak Keluhan Infrastruktur

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Infrastruktur jalan rusak masih mendominasi aspirasi yang disampaikan sejumlah warga di Kabupaten Sragen. Hal ini terungkap saat serasehan tokoh masyarakat dan warga dengan anggota DPRD Provinsi Jateng dari Partai Gerindra, Sriyanto Saputro di Desa Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Sragen, Minggu (22/1/2022) malam.

Puluhan ketua RT, tokoh masyarakat yang mengatasnamakan Sedulur Sriyanto menyampaikan sejumlah aspirasi di hadapan legislator dapil Jateng VI tersebut. “Wilayah saya berem jalan sudah ajur semua. Talud juga rusak. Mohon Pak Sriyanto bisa membantu,” ujar Widodo, perwakilan RT 19, Desa Mojokerto, Kedawung.

Tak hanya perwakilan RT, delegasi emak-emak juga turut bersuara. Anik, asal Dukuh Sadaan RT 4 Wonokerso juga menyampaikan harapan agar ada bantuan modal usaha untuk pemberdayaan ekonomi ibu-ibu di wilayahnya. “Biar kami bisa punya usaha sampingan yang menghasilkan dan membantu kebutuhan keluarga Pak,” ujarnya.

Selain permohonan bantuan, tak sedikit tokoh yang menyampaikan apresiasi karena sudah merasakan bantuan dari perjuangan Sriyanto. Di antaranya, Ketua RT 22 Wonokerso, Senen yang menyampaikan terimakasih karena lingkungannya sudah dibantu anggaran pembangunan talud di 2021. Lalu, Fauzan dari RT 8, yang mengapresiasi bantuan aspal di RT 7 dan 8 sehingga kini jalan di dua RT itu sudah halus.

Menyikapi aspirasi warga, Sriyanto mengaku siap untuk memperjuangkan melalui alokasi dana aspirasinya di DPRD Provinsi. Menurutnya, dari pertemuan itu, mayoritas aspirasi memang masih didominasi urusan perbaikan infrastruktur serta pertanian. Dirinya siap mengalokasikan bantuan tiap RT tentunya dengan skala prioritas dengan menerapkan prinsip pemerataan.

“Insya Allah sampai 2024, saya pinginnya satu desa tiap RT rata dapat bantuan. Kemarin di Wonokerso ada 5 titik yang sudah kami bantu Rp 75 jutaan. Kalau untuk se-Sragen banyak yang sudah saya bantu. Nominalnya mungkin nggak terlalu banyak tapi berharap bisa bermanfaat,” ujar Sriyanto yang berencana maju Pileg DPR RI pada 2024 mendatang.

Sriyanto yang berangkat dari Dapil Sragen, Wonogiri, Karanganyar itu menguraikan selain infrastruktur, dia juga sudah menggelontorkan banyak bantuan pertanian berupa alsintan. Kemudian sumur irigasi pertanian untuk kelompok tani di beberapa desa di Sragen.

Hal itu sebagai wujud dukungannya terhadap pertanian di Sragen yang selama ini menjadi salah satu daerah penyangga serta lumbung pangan nasional.

“Keluhan petani, ketika musim kemarau pengairannya kurang. Banyak Poktan yang butuh irigasi. Kemarin sudah saya bantu sumur di daerah Pilangsari, Sine, Ngarum dan beberapa titik lainnya. Alhamdulillah sudah bisa dinikmati,” jelasnya.

Sriyanto menambahkan kehadiran di Wonokerso Kedawung itu karena diundang para tokoh sebagai ungkapan terimakasih karena sudah dibantu di 2021. “Yang jelas sebagai wakil rakyat, saya akan komit untuk terus berjuang memfasilitasi aspirasi masyarakat. Bagi yang belum, silakan bergabung dengan Sedulur Sriyanto,” tandasnya.

Kades Wonokerso, Suparno mangapresiasi kepedulian Sriyanto Saputro terhadap aspirasi warga di desanya. Di 2021 lalu, tercatat ada lima titik bantuan yang diterima di desanya.

“Yang empat titik dibantu aspal hotmix dan satu titik talud nilainya Rp 75 juta pertitik. Alhamdulillah sudah terealisasi dan dilaksanakan. Tahun 2022 ini ada 4 titik, tiga talud dan satu cor sudah ready. Ini sangat membantu desa karena selama pandemi, 40 persen dana desa sudah dipakai untuk BLT. Praktis untuk kegiatan lain termasuk pembangunan fisik sangat minim,” tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI