Status Covid Tingkat Desa dan Kelurahan di Sukoharjo Didominasi Zona Hijau

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Satu desa di Kabupaten Sukoharjo berstatus zona merah atau risiko penularan virus Corona tinggi, sedangkan zona oranye atau sedang ada 49 desa dan kelurahan dan zona kuning atau rendah ada 20 desa dan kelurahan dan zona hijau atau tidak ada kasus 87 desa dan kelurahan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat dari total 167 desa dan kelurahan diketahui kondisi di Kabupaten Sukoharjo sekarang didominasi zona hijau.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Rabu (2/6) mengatakan, di Kabupaten Sukoharjo ada total 167 desa dan kelurahan tersebar di 12 kecamatan. Rinciannya ada 150 desa dan 17 kecamatan. Dari data tersebut diketahui perkembangan kasus penyebaran virus Corona hingga sekarang masih ada satu desa berstatus zona merah atau risiko tinggi yakni Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari. Kondisi tersebut mendapat perhatian serius dari petugas mengingat penanganan harus dipercepat. Hal itu dilakukan agar terjadi penurunan status sekaligus tidak ada penambahan kasus positif virus Corona di desa tersebut.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sudah melakukan gerak cepat dengan menangani kasus virus Corona di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari. Penanganan serupa juga dilakukan di desa dan kelurahan dengan status zona oranye dan zona kuning.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo diketahui untuk desa zona merah diketahui ada satu desa atau 0,60 persen, zona oranye 49 desa dan kelurahan atau 29,34 persen, zona kuning 20 desa dan kelurahan atau 11,98 persen dan zona hijau 87 desa dan kelurahan atau 52,10 persen.

“Kondisi per desa dan kelurahan sekarang didominasi zona hijau sebesar 52,10 persen dan masih ada satu desa zona merah atau 0,60 persen. Percepatan penanganan sudah dilakukan petugas dan diharapkan angka zona hijau meningkat,” ujarnya.

Dominasi zona hijau ditingkat desa dan kelurahan membuat lega Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Sebab kondisi tersebut akan menjadi pemacu zona hijau tingkat kabupaten secepatnya.

Status tingkat Kabupaten Sukoharjo sekarang masih zona oranye atau tingkat risiko penyebaran virus Corona sedang. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama sejak beberapa bulan terakhir. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo terus berusaha meningkatkan status secepatnya menjadi zona hijau.

BERITA REKOMENDASI