Status Sragen Naik dari PPKM Level 3 ke Level 4

Editor: Ary B Prass

SRAGEN, KRJogja.com– Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sragen naik dari level 3 menjadi level 4. Peningkatan level PPKM itu karena adanya kebijakan aglomerasi, dimana Sragen masuk dalam aglomerasi Soloraya yang ditetapkan masuk PPKM level 4.

Pada level 4 ini, Pemkab Sragen mengambil kebijakan percepatan pemberian bantuan sosial (bansos). Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kepada wartawan Selasa (27/7/2021) menyampaikan, sesuai arahan Presiden, PPKM darurat diperpanjang sampai 2 Agustus 2021. Dalam hal ini Sragen masuk PPKM darurat level 4.

Bupati mengaku mendapatkan undangan untuk rapat koordinasi dengan Menteri dan Gubernur terkait dengan kebijakan PPKM darurat level 4. “Pada PPKM darurat sebelumnya, Sragen berada di level 3 tetapi entah parameter apa yang dipakai sehingga Sragen menjadi ikut level 4. Mungkin angka positivity rate di Sragen yang masih tinggi dan angka kematian yang berada pada antara 4%-5%,” ujarnya.

Berdasarkan data testing oleh Pemkab Sragen, sudah ada 30.635 orang dengan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 13.658 orang. Dengan demikian angka positivity rate mencapai 44,67%. Sementara angka kematian di Sragen dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) mencapai 4,8% dan angka kesembuhan mencapai 85,61%. “Apa yang kami lakukan pada satu pekan ke depan masih sama tidak banyak berubah. Kami sudah berupaya semua,” ujar Yuni.

BERITA REKOMENDASI