Sukoharjo Masuk Nominasi Tiga Besar PHBS Jawa Tengah

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kabupaten Sukoharjo masuk nominasi tiga besar bersama dengan Kabupaten Pemalang dan Pati dalam penilaian evaluasi pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2017. Satu diantaranya akan dipilih untuk maju ketingkat nasional.

Ketua Tim Penggerak PKK Sukoharjo Etty Suryani, Sabtu (23/9) mengatakan, Kabupaten Sukoharjo masuk tiga besar PHBS Jawa Tengah dengan diwakili Desa Gedangan, Kecamatan Grogol. Penilaian sudah dilakukan oleh tim penilai dari provinsi pada Jumat (22/9).

Desa Gedangan, Kecamatan Grogol dipilih karena menjadi percontohan bagi wilayah lain dalam PHBS Kesehatan. Selain itu, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol juga menjadi pemenang dalam lomba tingkat Kabupaten Sukoharjo. TP PKK Sukoharjo berharap nilai yang didapat tinggi sehingga bisa membuat Kabupaten Sukoharjo maju ketingkat nasional. 

Pemkab Sukoharjo sudah memberikan dukungan penuh terhadap program PHBS Kesehatan. Seperti kegiatan ditingkat paling bawah desa, kecamatan sampai kabupaten. “Sarana dan prasarana serta program kegiatan sudah ada. Salah satunya yakni gerakan cuci tangan dengan sabun sampai ditingkat desa,” ujar Etty Suryani.

Untuk mendukung terwujudnya target menang dalam penilaian PHBS Kesehatan tingkat Jawa Tengah, Pemkab Sukoharjo juga melibatkan berbagai pihak seperti dari kader Posyandu, Pemuda Siaga Sehat, Kader Pemantau Jentik Nyamuk dan lainnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, masuknya Kabupaten Sukoharjo dalam nominasi tiga besar tingkat Jawa Tengah dalam penilaian PHBS Kesehatan membanggakan. Sebab dengan masuk tiga besar berarti sudah mampu menyisihkan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah. “Harapannya bisa mendapat nilai tinggi dan menang ditingkat Jawa Tengah. Selanjutnya bisa maju ketingkat nasional,” ujarnya.

Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Tengah Rita Utrayani mengatakan, ada tiga kabupaten masuk dalam nominasi tiga besar tingkat provinsi. Ketiganya yakni, Kabupaten Sukoharjo, Pemalang dan Pati. Dari ketiganya nanti akan dipilih salah satu kabupaten untuk maju ketingkat nasional.
“Penilaian dilakukan dengan melihat kelengkapan administrasi kegiatan PHBS ditiga kabupaten tersebut,” ujarnya.

Tim penilai kemudian melakukan penilaian dengan melihat secara langsung mengenai laporan kegiatan tersebut benar atau tidak. “PHBS Kesehatan itu penekannnya yakni meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI