Sukoharjo Resmi Mulai Terapkan PSBB Hari Ini

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sabtu (9/1). Hari pertama pelaksanaan petugas melakukan pengawasan ketat disemua wilayah. Penerapan PSBB di Sukoharjo lebih awal dua hari dibandingkan instruksi pemerintah pusat 11 Januari. Meski demikian PSBB tetap akan berakhir pada tanggal sama 25 Januari mendatang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Sabtu (9/1) mengatakan, Pemkab Sukoharjo memang menerapkan PSBB mulai 9 Januari atau lebih awal dua hari dibandingkan instruksi pemerintah pusat 11 Januari. Penerapak tersebut dilakukan Pemkab Sukoharjo salah satunya sebagai upaya percepatan penanganan kasus virus corona. Sebab melihat perkembangan data sekarang diketahui angka kasus positif virus corona di Sukoharjo masih tinggi. Hal tersebut menjadi catatan serius bagi daerah termasuk pemerintah provinsi dan pusat.

Sebelum dilaksanakan penerapan PSBB telah disusun aturan terkait untuk mengatur pembatasan kegiatan di masyarakat. Selain itu juga telah disosialisasikan kepada masyarakat mengenai waktu pelaksanaan PSBB. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo meminta pada masyarakat untuk mematuhi aturan tersebut demi kebaikan bersama.

Pada hari pertama penerapan PSBB di Sukoharjo aktivitas masyarakat tidak terlalu banyak berubah. Lalu lintas kendaraan masih terlihat ramai di jalan, hal sama juga terlihat di pusat keramaian seperti pasar, mall, rumah makan atau warung makan. Meski begitu pelaksanaan di lapangan sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Petugas dari tim gabungan langsung melakukan pengetatan pengawasan pada hari pertama penerapan PSBB di Sukoharjo. Petugas mengawasi disemua wilayah sejak pagi hingga malam hari. Sebab pada penerapan PSBB masyarakat dibatasi semua aktivitas kegiatan termasuk bagi pelaku usaha maksimal hingga pukul 19.00 WIB harus sudah tutup.

BERITA REKOMENDASI