Suksesi Pura Mangkunegaran, Persaingan Paundra dan Bhre Meruncing, Roy Bisa Jadi Jalan Tengah

SOLO, KRJOGJA.com – Suksesi di Pura Mangkunegaran belakangan menghangat menyusul adanya curhatan salah seorang kandidat raja atau adipati  yakni Paundrakarna Jiwa Suryanegara yang merasa disepelekan dan dugaan adanya persaingan tidak sehat untuk menjadi penerus tahta di Pura Mangkunegaran sebagai Mangkunegoro X. Curhatan Paundra ini membuat publik menduga ada persaingan yang semakin meruncing dan keras antara Paundra dan Bhre sebagai Mangkunegara X.

Publik saat ini sudah mengetahui adanya tiga sosok sebagai kandidat pengageng Pura Mangkunegaran yakni GPH Paundrakarna (putra  Mangkunegoro IX dengan istri Sukmawati Soekarnoputri, GPH Bhre Cakrahutomo (putra Mangkunegoro IX dengan GKP Prisca Marina) dan kandidat ketiga adalah cucu Mangkunegoro VIII yang juga cucu Pahlawan Nasional Moh Yamin, Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin. Roy memang sering disebut sebagai jalan tengah bila persaingan Paundra dan Bhre semakin keras. Apalagi ada tradisi penerus Mangkunegara adalah cucu dari Mangkunegara sebelumnya.

Tunjung W Sutirta sejarawan dari UNS Solo dan Raden Surojo  Pengamat Budaya Jawa secara terpisah, Sabtu (23/10/2021) mengatakan cucu Mangkunegoro VIII yakni Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin bisa saja tampil sebagai jalan tengah. Apalagi dalam historis riwayat suksesi Pura Mangkunegaran sebagaimana terjadi pada saat Mangkunegoro I sebelum turun tahta sudah menunjuk cucunya untuk calon penerus tahta Pura Mangkunegaran.

BERITA REKOMENDASI