Sunarto Bangga Campur Haru Rebut Emas APG

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Prestasi maksimal akhirnya sukses dipersembahkan paralimpian asal DIY di ajang ASEAN Paralympic Games (APG) XI Solo 2022. Setelah medali perak dan perunggu, kali ini Sunarto berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia saat turun di nomor ganda putra cabang olahraga para tenis meja klasifikasi TT5.

Bertanding di laga final di Solo Techno Park, Rabu (03/08/2022), Sunarto yang berpasangan dengan Totok Hardiyanto, mampu mengalahkan pasangan asal Thailand, Norakan Chanphaka dan Teeradech Klangmanee. Keberhasilan meraih medali emas di ajang APG kali ini langsung disambut rasa bangga sekaligus haru oleh Sunarto.

“Saya tadi saat pengalungan medali sampai tidak bisa berkata-kata dan menangis haru. Ini pengalaman pertama saya main di ajang level internasional dan Alhamdulillah bisa mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan dan bendera Merah Putih dikibarkan, rasanya bangga campur haru,” ujarnya kepada KRJOGJA.com melalui sambungan telepon, Kamis (4/8/2022).

Dalam pertandingan final kemarin, Sunarto mengaku cukup tegang karena mengingat hasil sebelumnya saat dirinya turun di nomor beregu dan gagal meraih medali emas. “Kemarin waktu nomor beregu itu harusnya bisa dapat emas, tapi karena ada kesalahan akhirnya lepas. Nah saat final ganda itu juga hampir kejadian lagi, tapi Alhamdulillah bisa diatasi dan kami menang,” terangnya.

Pada partai puncak kemarin, pasangan Indonesia, Sunarto/Totok Hardiyanto mengawali laga dengan mulus dengan kemenangan 11-7 di set pertama. Bahkan di set kedua, kemenangan kembali mampu diraih dengan skor 11-8. Namun memasuki set ketiga, tim lawan mampu bangkit dan menang 11-8 untuk menipiskan skor jadi 1-2.

Pasangan Indonesia semakin tertekan setelah di set keempat, pasangan Thailand mampu tampil percaya diri dan menang dengans kor cukup telak, 11-5. Kondisi tersebut benar-benar membuat Sunarto tertekan menghadapi set kelima yang jadi penentu. Namun dengan kepercayaan diri tinggi, akhirnya Sunarto/Totok Hardiyanto mampu menang 11-5 dan memenangi laga dengan skor 3-2. (Hit)

BERITA REKOMENDASI