Survei Tinggi, Yuni Berpeluang Besar Diusung PDIP

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRJOGJA.com – Dwan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Sragen mengisyaratkan peluang calon petahana, Kusdinar Untung Yuni Sukowati untuk diusung PDIP di Pilbup 2020 semakin besar. Hal ini menyusul telah terbitnya surat rehabilitasi dari DPP yang mengembalikan keanggotaan Yuni sebagai kader PDIP.

Selain itu, hasil survei yang digelar internal PDIP juga menunjukkan tingkat popularitas dan elektabilitas Yuni masih sangat tinggi. Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno, kepada wartawan Senin (27/1) mengatakan, survei telah dilakukan oleh DPD PDIP Jateng melalui tim survei independen. Survei digelar dengan menampilkan tokoh-tokoh baik dari internal PDIP maupun tokoh eksternal yang dipandang punya kans bertarung di Pilkada Sragen.

Menurut Suparno, hasilnya menyebut nama Yuni masih berada di posisi teratas dengan persentase di angka lebih dari 65 persen. Angka itu terpaut jauh dari para kandidat di bawahnya. "Hasil survei internal kami, Mbak Yuni masih cukup tinggi di angka 65 persen. Baik dibandingkan dengan tokoh-tokoh internal PDIP maupun dengan tokoh eksternal," ujarnya.

Namun, Ketua DPRD Sragen itu enggan membuka siapa saja tokoh yang masuk tiga besar tertinggi hasil survei popularitas yang dilakukan PDIP. Ia hanya menyebut bahwa dari survei yang dilakukan, posisi teratas masih diduduki Yuni di angka 65 dan terpaut cukup jauh dengan kandidat di urutan kedua maupun ketiga.

Terkait hasil survei itu apakah mengisyaratkan rekomendasi kian dekat ke Yuni, Suparno tidak menampiknya. Menurutnya selain survei yang tinggi, suara internal kader PDIP sendiri sudah mengerucut untuk mendukung penuh Yuni diusung sebagai Cabup PDIP di Pilbup Sragen September mendatang. "Tapi sekali lagi, persoalan rekomendasi sepenuhnya kewenangan DPP. Kami DPC hanya menunggu dan siap untuk tegak lurus," tandasnya.

Terpisah, Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga mengatakan saat dipanggil DPP untuk menerima SK rehabilitasi beberapa waktu lalu, tidak ada pembahasan spesifik masalah rekomendasi Pilbup Sragen. Sejauh ini yang dibahas hanyalah seputar strategi pemenangan Pilbup, termasuk untuk Sragen yang dibicarakan secara khusus. "Untuk rekomendasi calon memang belum dikeluarkan. Saya diminta bersabar menunggu. Belum ada target perolehan suara juga. Tapi saya yakin PDIP sekarang partai modern yang dalam mengambil setiap keputusan pasti didasarkan pada data dan survei," tuturnya. (Sam)

 

BERITA REKOMENDASI