Sutarno Jabat Sekda Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Karanganyar resmi dijabat Sutarno. Dalam rangkaian tahap seleksi, ia menyingkirkan 10 pesaing dari kalangan pejabat eselon.

Sutarno dilantik berdasar SK Bupati Karanganyar No 821.2/954 tahun 2019 tentang pengangkatan dirinya. Pria ini merangkap jabatan selama enam bulan menjadi Sekretaris Daerah usai pejabat sebelumnya pensiun. Selama enam bulan itu statusnya Pelaksana Tugas (Plt) dan Penjabat (Pj). Adapun jabatan definitifnya saat itu Asisten Sekda Bidang Administrasi. Rekrutmen pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah sempat diulang dan diperpanjang waktunya karena pelamar tidak memenuhi syarat.

Di tahap akhir, tiga pejabat eselon disodorkan. Selain Sutarno, muncul nama Kepala Kantor Inspektorat Daerah Sucahyo dan Kepala Kesbangpol Agus Cipto Waluyo.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengambil sumpah dan janji Sutarno di aula Podang 1 kantor Setda. Ia memastikan pelantikannya sesuai prosedur aturan pengangkatan aparatur sipil negara (ASN).

“Siapapun memiliki kesempatan sama. Saya enggak menyiapkan seseorang duduk di posisi tertentu. Seluruh tahapan sudah dipublikasikan,” katanya.

Ia meminta seluruh ASN di jajaran Pemkab Karanganyar maupun instansi lainnya, mendukung Sutarno. Rekam jejak Sutarno juga tidak bermasalah.

Sementara itu Sutarno mengaku butuh penyesuaian lingkungan dan mempelajari tanggungjawabnya sekarang. Secara organisasi, ia merasa sudah mengenal pola kerja birokrasi.

“Tugas besarnya menyinkronisasi dan menyolidkan semua OPD. Menghubungkan instruksi dari bupati sampai ke tingkat bawah,” katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI