Tak Ada Mudik Gratis Tahun Ini

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Angkutan mudik fasilitas pemerintah bagi perantau asal Jabodetabek pada lebaran 1433 H nihil. Asumsi mudik masih dilarang membuat penetapan APBD 2022 meniadakan program itu.

“APBD 2022 ditetapkan Desember kemarin. Kita belum berani menganggarkan mudik gratis. Baru pada Maret 2022, pemerintah mengizinkan mudik. Tapi terlanjur tak dianggarkan,” kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub PKP Karanganyar, Bambang Prasetyo, Selasa (13/04/2022).

Ia sudah menginformasikan perihal peniadaan mudik gratis ke paguyuban perantau Karanganyar. Mereka kebanyakan berkampung halaman di Jatiyoso, Jatipuro, Jumapolo dan Jumantono. Juga sebagian Jenawi dan Mojogedang.

Para perantau yang bekerja di Jabodetabek difasilitasi mudik gratis pemprov Jateng dan Pemkab Karanganyar melalui angkutan bus secara rutin tiap momen mudik lebaran. “Terakhir kali mudik gratis pada 2019. Berarti sudah akan 3 kali tiada mudik yang difasilitasi pemerintah,” katanya.

Meski tahun ini tiada mudik gratis, namun Dishub tetap memantau gelombang mudik dengan bus umum di terminal induk dan sub terminal. Apalagi sudah dibuka trayek bus AKAP dari Jabodetabek ke Jatipuro.

Koordinator Paguyuban Karanganyar Rantau (Pagaranyar) Sukirdi Suryo mengatakan sudah menerima pemberitahuan dari pemerintah kabupaten Karanganyar perihal tiada program angkutan mudik gratis pada Idul Fitri 1443 H. Meski merasa kecewa, ia merasa itu lebih baik daripada mudik dilarang.

“Masih bisa mudik. Tidak dilarang pemerintah. Rindu sekali rasanya dua kali lebaran enggak boleh pulang ke kampung halaman,” katanya.

Ia mengatakan jumlah perantau Karanganyar di Jabodetabek mencapai 35 ribu jiwa. Melihat potensi itu, sebaiknya pemkab memfasilitasi kepulangan mereka pada lebaran tahun depan.

“Kita pulang pasti membawa uang. Paling enggak per keluarga belanja Rp1 juta di kampung halaman. Coba perputaran uangnya dihitung. Ini sangat potensial. Semoga tahun depan, kita difasilitasi lagi program mudik gratisnya,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI