Tak Pakai Masker, Siap-siap Didenda Rp 50 Ribu

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berencana menerapkan denda Rp 50 ribu bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Saat ini tim tengah menggodok rumusan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai dasar penarikan denda.

“Soal denda (yang tidak menegenakan masker) sedang disiapkan Perbup-nya. Saat ini tim kecil Bagian Hukum Setda sedang membahas detilnya. Nilai dendanya nanti mungkin Rp 50.000,” ujar Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada wartawan Rabu (26/8/2020).

Bupati Yuni menjelaskan berdasarkan pengamatan di lapangan, masyarakat cenderung mengabaikan protokol kesehatan. Di berbagai kesempatan masih banyak warga yang enggan mengenakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah. “Keputusan mengenakan sanksi denda ini memang didasari masyarakat yang semakin abai. Targetnya September sanksi ini sudah mulai diberlakukan,” jelasnya.

Namun pihaknya akan menggencarkan sosialisasi terlebih dahulu sebelum sanksi denda ini benar-benar diberlakukan. Yuni berharap dengan adanya sanksi, kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan meningkat. “Sosialisasi harus masif dulu. Harapan kita agar masyarakat makin taat protokol kesehatan agar angka Covid-19 yang belakangan naik bisa ditekan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI