Tali Tak Kuat Menahan Berat Tubuh, Pendaki Terjatuh di Gunung Lawu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang pendaki asal Yogyakarta, Alam (31) terjatuh ke kawah Candradimuka Gunung Lawu, Minggu (19/7/2020). Tali penyelamatnya terputus saat pria berbobot 105 kilogram ini menuruni dinding kawah.

Kejadian itu dilaporkan seorang survivor asal Ngijo Tasikmadu, Sugeng Wahyono (27) ke posko Cemoro Kandang. Dalam laporannya, Alam mendapat giliran terakhir turun ke kawah dengan bantuan tali penyelamat. Ia bersama delapan orang rombongannya telah berada di pos 2 sejak Sabtu malam. Pada Minggu pagi, mereka berniat turun ke kawah.

Lima rekannya sudah berhasil turun dengan berpegangan tali. Giliran dirinya yang terakhir turun, tali itu tak cukup kuat menahan bobotnya sehingga terputus. Tubuhnya pun membentur tanah berbatu. Dalam laporannya, Alam terluka. Mulutnya mengeluarkan darah, luka sobek, kesadaran menurun dan sulit berjalan.

Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta, Arief Sugiyarto mengatakan Alam bersama tiga rekannya menunggu bantuan tiba. Dua rekannya lain turun ke pos Cemoro Kandang telah lebih dulu turun untuk meminta tolong.

“Ada 80an orang teman-teman sukarelawan yang naik. Menandu survivor ya. Sistemnya estafet saat menandu. Teman-teman bergantian,” ujarnya kepada wartawan.

BERITA REKOMENDASI