Talud di Dusun Talang Longsor

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Talud pekarangan rumah warga Dusun Talang Rt 11/ Rw 4 Desa Ngepungsari, Kecamatan Jatipuro, Wanto (55) longsor, Selasa (10/03/2021). Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun warga sekitar harus waspada jika terjadi longsor susulan.

“Pemicunya hujan deras. Talud bukan permanen tapi gundukan tanah. Konturnya yang labil menjadi goyah dan ambrol ke bawah,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar Sundoro Budi Karyanto.

Talud yang tidak dilengkapi saluran pembuangan resapan air itu longsor lantaran tidak kuat menampung air. Meski longsoran dekat rumah warga, penghuni rumah tidak sampai mengungsi ke lokasi yang aman. Namun apabila terjadi hujan lebat dengan durasi lama, dia mengimbau supaya penghuni rumah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Terpisah, Camat Jatipuro, Murseno menambahkan, sebelumnya terjadi hujan cukup lebat dengan durasi lama di wilayah tersebut. Hingga akhirnya talud itu longsor pada Siang siang. Para relawan, babinsa, babinkamtibmas dan pemerintah desa bekerja bakti membersihkannya.

Material longsoran itu nyaris menimbun badan jalan di bawahnya. “Talud itu tidak dilengkapi saluran pembuangan untuk resapan air,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI