Talud Kali Samin Di Tegalmade Kembali Longsor

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Hujan deras mengakibatkan terjadinya longsor susulan pada Talud Kesongo Kali Samin di Desa Tegalmade Kecamatan Mojolaban. Hujan juga menyebabkan terjadinya banjir dan menggenangi 15 rumah warga hingga membuat pemiliknya terpaksa mengungsi.

Camat Mojolaban Iwan Setiyono, Kamis (10/11) mengatakan, hujan deras terjadi pada Rabu (9/11) sejak siang hingga malam hari. Akibatnya Talud Kesongo di Tegalmade Mojolaban yang baru selesai diperbaiki kembali longsor. Sebelumnya longsor pertama terjadi pada beberapa pekan lalu.
Dalam perbaikan tersebut talud diperbaiki dengan menggunakan kawat bronjong. Namun karena derasnya arus air Kali Samin saat hujan deras turun longsor kembali terjadi.

Akibat talud longsor mengancam sebanyak 250 kepala keluarga (KK) yang rumahnya berdekatan. Ancaman muncul karena posisinya berada tepat di pinggir Kali Samin dan rawan banjir saat hujan deras.

Longsor susulan kali ini terjadi cukup besar karena dari sebelumnya talud memiliki lebar lima meter tinggal 1,5 meter saja sedangkan panjang longsoran sejauh 10 meter lebih. Kondisinya yang rusak membuat tidak hanya warga namun juga pemerintah Kecamatan Mojolaban khawatir.

Kecamatan Mojolaban meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) melakukan perbaikan talud longsor. Perbaikan dilakukan secara permanen dengan memasang paku bumi dan bukan kawat bronjong sementara.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Margono mengatakan, hujan deras pada Rabu (9/11) mengakibatkan terjadinya genangan dan banjir disejumlah wilayah. Seperti di Simpang Lima Sukoharjo Kota, 15 rumah warga di Tegalmade Mojolaban, dan jalan kampung Nusupan Kadokan Grogol. Dalam kejadian tersebut beberapa warga korban banjir sempat mengungsi ke rumah tetangga.
“Hujan deras juga menyebabkan terjadinya talud longsor di Tegalmade,” ujar Margono. (Mam)

BERITA REKOMENDASI