Tanaman Varietas Lokal Butuh Proteksi

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com– Pemkab Karanganyar diminta segera mendaftarkan sejumlah tanaman varietas lokal ke Kementerian Pertanian.
Tujuannya agar varietas-varietas lokal tersebut tidak hilang dari Karanganyar.
Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Balitbang Kesehatan Kementerian Kesehatan yang berada di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar menyarankannya saat menggelar Advokasi Rekomendasi Kebijakan Pendaftaran Varietas Lokal Stevia Karanganyar di Ruang Anthurium Rumah Bupati Karanganyar, Jumat (15/10/2021).
Stevia dimanfaatkan daunnya yang manis sebagai pengganti gula tebu.
B2P2TOOT merekomendasikan agar Stevia (Stevia Reboudiana) didaftarkan sebagai varietas lokal ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) serta melakukan pengelolaan dan pemeliharaan varietas lokal Stevia.
‘’Pemkab agar juga memberikan pendampingan ke petani untuk dapat meningkatkan produktifitas Stevia serta memberi fasilitasi penguatan kelembagaan bagi petani Stevia,’’ terang Kepala B2P2TOOT, Akhmad Saikhu.
Disampaikannya, berdasarkan survei ke supplier, budidaya stevia di Karanganyar dilakukan di Desa Kalisoro serta Nglurah, Kecamatan Tawangmangu dengan luas lahan 300-2000 meter persegi per petani.

BERITA REKOMENDASI