Tangani Banjir, BPBD Sukoharjo Usul Pembangunan 16 Rumah Pompa

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo mengusulkan pembangunan sebanyak 16 rumah pompa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Grogol, Polokarto dan Mojolaban. Pembangunan dimaksudkan untuk mengatasi banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo.

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto, Senin (31/7) mengatakan, sebanyak 16 rumah pompa yang diusulkan tersebar disejumlah lokasi ditiga kecamatan. Penempatan sudah dipetakan disesuaikan dengan kebutuhan. “Penyebab utama banjir karena luapan Sungai Bengawan Solo. Jadi perlu dipikirkan cara penanganan salah satunya mengusulkan pembangunan rumpa pompa di 16 titik,” ujar Suprapto.

BPBD Sukoharjo secara resmi sudah mengajukan usulan pembangunan rumah pompa ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Namun sampai sekarang belum ada jawaban pasti kapan direalisasikan pembangunannya.

Namun menurut informasi yang diterima BPBD Sukoharjo dari BBWSBS dimungkinkan pada akhir tahun ini akan dibuatkan Detail Engineering Design (DED). “Apakah itu DED untuk semua usulan 16 rumah pompa atau bagaimana masih kami tunggu kejelasannya,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI