Target 70 Persen, Sukoharjo Percepat Vaksinasi Virus Corona Digelar Tiga Hari

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Percepatan vaksinasi virus Corona dilakukan di Kabupaten Sukoharjo selama tiga hari kedepan mulai Kamis (30/9) hingga Sabtu (2/10) sebanyak 47.693 dosis per hari. Program tersebut dilakukan untuk mempercepat realisasi capaian target vaksinasi dosis 1 sebanyak 70 persen dengan 60 persen diantaranya sasaran lanjut usia (lansia).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (30/9) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sudah menggelar rapat koordinasi bersama terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi virus Corona dengan melibatkan camat dan kepala desa. Hasilnya akan dilaksanakan vaksinasi virus Corona sebanyak 47.693 dosis per hari selama tiga hari kedepan terhitung Kamis (30/9) hingga Sabtu (2/10).

Angka tersebut diputuskan setelah melihat evaluasi pelaksanaan vaksinasi virus Corona sebelumnya dan upaya percepatan kedepan di 167 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. Para camat dan kepala desa diminta ikut membantu dan bergerak cepat melaksanakan program Pemkab Sukoharjo.

Percepatan vaksinasi virus Corona tersebut diharapkan bisa menaikan angka capaian di Kabupaten Sukoharjo. Sebab Pemkab Sukoharjo menarget vaksinasi virus Corona dosis 1 sebanyak 70 persen dengan 60 persen diantaranya lansia.

Yunia menjelaskan, berdasarkan data yang ada diketahui capaian realisasi vaksinasi virus Corona dosis 1 baru 52 persen. Angka tersebut masih kurang mengingat pemerintah menarget 70 persen. Kekurangan itu akan dilakukan upaya percepatan agar dapat terpenuhi semua.

“Vaksinasi virus Corona semakin dipercepat dengan target sebanyak 47.693 dosis per hari selama tiga hari kedepan terhitung Kamis (30/9) hingga Sabtu (2/10),” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo akan merealisasikan target sebanyak 47.693 dosis per hari dengan pelaksanaan vaksinasi virus Corona hingga ke desa. Hal ini dianggap lebih efektif mengingat pemerintah desa bisa menyisir seluruh warga yang belum tervaksin.

Penyisiran dilakukan pemerintah desa dengan melibatkan seluruh lembaga terkait. Salah satunya termasuk pengurus RT dan RW yang mengetahui jelas detail warganya. Apabila ada warga belum tervaksin maka bisa diajukan pengurus RT dan RW kepada pemerintah desa untuk mendapat vaksin virus Corona.

Salah satu sasaran percepatan vaksinasi virus Corona di desa yakni lansia. Khusus untuk lansia targetnya sebanyak 2.152 dosis per hari. Angka tersebut tersebar hampir merata di semua wilayah di Sukoharjo.

BERITA REKOMENDASI