Tembus Rp 100 Ribu, Harga Cabai Rawit Merah Setara Daging Sapi

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga cabai rawit merah di Sukoharjo terus naik dan sekarang tembus Rp 100.000 per kilogram. Harga tersebut setara dengan satu kilogram daging sapi. Kenaikan harga disebabkan karena faktor terbatasnya stok cabai rawit merah akibat bencana alam diberbagai daerah saat puncak musim hujan. Tingginya harga juga terjadi pada semua jenis cabai seperti cabai rawit hijau, cabai merah besar dan cabai merah keriting.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Kamis (4/3) mengatakan, kenaikan harga cabai sudah tidak bisa dibendung sekarang disebabkan karena terbatasnya stok pedagang di pasar tradisional. Hal tersebut akibat terjadinya bencana alam diberbagai daerah saat puncak musim penghujan seperti sekarang.

Curah hujan tinggi mengakibatkan banjir dan merusak tanaman cabai. Akibatnya hasil yang didapat petani menurun drastis dan menyebabkan pasokan ke pedagang berkurang. Pedagang di pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo masih mengandalkan kiriman cabai dari petani dibeberapa daerah penghasil. Sebab hasil panen cabai petani lokasi Sukoharjo belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo sudah melakukan pemantauan terkait stok dan harga kebutuhan pokok pangan termasuk cabai. Hasilnya diketahui kenaikan harga paling tinggi terjadi pada semua jenis cabai. Tertinggi yakni harga cabai rawit merah Rp 100.000 per kilogram disusul kemudian cabai rawit hijau Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit merah besar dan cabai rawit merah keriting masing masing sebesar Rp 50.000 per kilogram.

Khusus untuk cabai rawit merah sekarang harganya setara dengan daging sapi paha depan Rp 100.000 per kiloram. Sedangkan harga daging sapi paha belakang Rp 110.000 per kilogram.

“Harga cabai terus naik karena masih puncak musim hujan menyebabkan terjadinya bencana alam diberbagai daerah seperti banjir. Pasokan cabai dari petani terbatas dan mengakibatkan stok di pedagang turun. Harga cabai paling tinggi jenis cabai rawit merah Rp 100.000 per kilogram,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI