Terbangkan Jamaah Haji dari Solo, Garuda Siapkan 5 Pesawat Airbus

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Garuda Indonesia siapkan 5 pesawat Airbus 330 untuk mengangkut calon jamaah haji Embarkasi Solo yang berjumlah 34.112 jamaah terbagi dalam 95 kelompokterbang (kloter). Jenis pesawat yang digunakan yakni Airbus 330 dengan jumlah kursi 360 'all economi'.

"Jadwal penerbangan kloter pertama 28 Juli pukul 09.15," jelas Aryo Wijoseno, kepala Garuda Indonesia Perwakilan Solo usai menggelar rapat koordinasi haji di hotel Solo Heritage, Selasa (25/7).

Penerbangan haji terbagi dalam dua fase yakni pemberangkatan dan pemulangan. Fase pemberangkatan dibagi dua gelombang pertama 28 Juli hingga 11 Agustus dengan rute Solo-Padang-Madinnah. Kemudian gelombang kedua 12-26 Agustus Solo-Padang-Jeddah.

'"Kemudian untuk fase pemulangan ada perbedaan. Dari Jeddah transit lebih dulu di Ahmedabad. Hal ini harus dilakukan karena ada masalah cuaca," kata Aryo. Menurut perkiraan kondisi cuaca di Jeddah strong head win dan di Madinah hight temperatur. Jadi pesawat harus melakukan technical landing.

Ditambahkan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para jamaah Gsruda banyak menerjunkan awak kabin putra daerah. Dari 558 awak kabin 57 persen putra daerah. Dengan banyaknya putra daerah diharapkan pelayanan terhadap jamah semakin lancar dan baik. Artinya komunikasi bisa berlangsung baik.

Garuda akan terus berupaya bisa menekan terjadinya delay utamnya pada fase pemulangan. Sistem slot yang diberlakukan diharapkan bisa dioptimalkan untuk menekan keterlambatan penerbangan. Beberapa kali rapat koordinasi juga dimaksudkan untuk memperlancar proses penerbangan. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI