Terbukti Ampuh Obati Covid-19, Pemerintah Didesak Patenkan Ivermectin

Editor: Ary B Prass

SRAGEN, KRJogja.com – Para relawan Kabupaten Sragen semakin gencar mensosialisasikan konsumsi Ivermectin untuk mencegah dan menyembuhkan Covid-19. Terbukti sejumlah pasien positif di Sragen berangsur sembuh setelah mengkonsumsi obat yang diketahui sebagai obat cacing tersebut.
Relawan Sragen berharap pemegang kebijakan strategis nasional tak ragu memproduksinya secara massal obat Ivermectin tersebut. “Apa yang masih diragukan lagi? Para ahli sudah membuktikan khasiatnya. Semua yang mengonsumsi Ivermectin berhasil mencegah dan mengobati Covid-19,” ujar Untung Wiyono, relawan RSI Amal Sehat Sragen kepada wartawan di Resto nDayu, Sragen, Rabu (30/6/2021)
Menurut Untung, pemerintah pusat harus bertindak cepat untuk segera menghentikan pandemi. Salah satunya dengan menyediakan obat yang terjangkau masyarakat. ” Tentu saja pahlawannya di Kementrian BUMN, BPOM dan Kemenkes. Segera produksi massal obat dan berikan ke masyarakat,” tegas mantan Bupati Sragen dua periode tersebut.
Untung mengatakan Ivermectin telah beredar selama 40 tahun. Obat tersebut diakuinya memang untuk antiparasit seperti cacing di dalam sistem pencernaan. Konsumsinya tidak menimbulkan efek berarti. Obat ini makin banyak diburu karena manjur menyembuhkan dan mencegah tertular Covid-19.
Bersama para relawan lain, ia membagikan cuma-cuma ivermectin 12 mg dan vitamin ke warga terpapar Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah maupun di Technopark Sragen. “Sudah 1.000 lebih paket obat ini dibagikan secara cuma-cuma. Untuk pencegahan, konsumsinya tiga kali yakni hari pertama, ketiga dan kelima. Sedangkan untuk menyembuhkan, pil ivermectin dikonsumsi sekali sehari selama lima hari berturut-turut,” katanya.
Lebih lanjut Untung menyarankan jika pemerintah pusat memproduksi massal obat ini, sebaiknya menggandeng perusahaan nasional. Menurutnya, banyak putra daerah siap bekerja sama. “Jangan malah beri kesempatan asing menggelontorkan obat mahal ke kita. Yang produk nasional dulu dibimbing. Jangan direcokin,” tandasnya.
Guna membuktikan khasiat ivermectin, diundang para penyintas Covid-19. Para pewarta merangkum kisah mereka selama isolasi mandiri. Termasuk testimoni mengonsumsi ivermectin. Ia juga mengantongi izin Pemkab Sragen terkait distribusi Ivermectin ke isoman dan keluarganya.
Penyintas asal Guwosari rt 15 rw 4 Karangmalang, Sragen, Krisanto Krisniati mengatakan dirinya sembuh usai tujuh hari isolasi mandiri di Technopark. Sebelumnya, ia isolasi mandiri di rumah selama empat hari. “Suami positif Covid-19. Ketahuan saat mondok di RS PKU. Lalu saya juga dites, positif. Pak lurah memberitahu agar konsumsi Ivermectin. Selain itu minum susu bearbrand. Kemarin hasil swab PCR keluar, sudah negatif,” katanya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI