Terima Bantuan, Pasangan Lansia Mulyadi-Repyoh Tersenyum Lega

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bantuan bagi pasangan lanjut usia melarat asal Desa Tohkuning, Karangpandan, Mulyadi (70)-Repyoh (65) mengalir dari berbagai sumber setelah kisahnya diwartakan KRJOGJA.com edisi Senin (29/01/2018). 

Keluarga besar Polres Karanganyar bersama Pejuang Social Community (PSC) menyalurkan donasinya ke pasangan tersebut, Rabu (31/01/2018) pagi. Di rumahnya, Mulyadi tidak lagi tidur beralas tikar. Ia bisa merasakan empuknya kasur, bantal dan guling bantuan sukarelawan. Lantai rumahnya juga sudah berplester semen yang dibuat mulai ujung halaman sampai ke pintu. Oleh Relawan Karangpandan (Rendan), mereka membuatkan keran air sumber PDAM di halaman. Sebelumnya, Repyoh kerepotan mendapatkan air bersih.

BACA JUGA : 

Hidup Melarat Tanpa Sanak Saudara, Mulyadi-Repyoh Saling Menguatkan

Manula Terlantar Tewas Kedinginan

“Di rumah ini tidak ada kamar mandi. Airnya ambil dari pipa milik tetangga. Jadi, mbah Repyoh bolak-balik dari situ ke rumah. Sebenarnya tidak jauh, tapi repot juga karena dia sepuh,” kata Ketua Rt 03/Rw XI Desa Tohkuning, Karangpandan, Suharno kepada KR

, Rabu (31/1).

Selama puluhan tahun, pasangan manula itu tinggal di rumah tidak layak huni. Statusnya menumpang karena tanah tersebut sudah dijual. Meski uang hasil penjualan tanah belum seluruhnya diterima, namun kini sudah habis. Sehingga, Repyoh terpaksa bekerja serabutan seperti menjual daun pisang dan apapun yang tumbuh di kebunnya.

Saat didatangi Kapolres AKBP Henik Maryanto, Mulyadi terlihat terharu. Ia meneteskan air matanya ketika menerima bantuan sembako.“Terima kasih diberi perhatian. Dulunya lantai dingin, licin dan becek, sekarang enggak lagi. Badan masih sering sakit-sakitan,” kata Mulyadi yang kini hanya di rumah saja akibat sakit menahun.

AKBP Henik mengatakan siap membantu sebisanya. Selain menyalurkan logistik dan uang tali asih, Polres Karanganyar juga membawa tim kesehatannya.“Penyaluran air dan pembuatan lantai sederhana dibantu Rendan dan Babinkamtibmas. Akan kami komunikasikan ke PLN agar membuatkan jaringan listrik ke rumahnya. Tiga anaknya sudah tiada. Mereka hidup sendirian. Mau ke puskesmas juga jauh,” kata Kapolres. (Lim)

BERITA REKOMENDASI