Terminal Tirtonadi Siagakan Petugas 24 Jam

SOLO, KRJOGJA.com – Pengelola Terminal Bus Tirtonadi bersiap menghadapi lonjakan penumpang yang diprediksikan terjadi pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tiga pekan ke depan. 

Pembenahan sarana dan prasarana kini tengah dilakukan, selain pula penyiapan personal yang bakal ditugaskan selama 24 jam pada seluruh unit pelayanan, terbagi dalam tiga shift.

Koordinator Terminal Bus Tirtonadi, Joko Sutriyanto, menjawab wartawan, di kantornya, Selasa (11/12) menjelaskan penyiapan personal cukup strategis, terutama pada keamanan, ramp chek, pemeriksaan kesehatan kru bus, serta bagian informasi, sebab terkait dengan kenyamanan dan keselamatan pengguna jasa transportasi umum. 

"Frekuensi ramchek yang dilakukan secara rutin, akan ditambah, untuk memastikan seluruh armada yang dioperasikan memenuhi syarat teknis sebagaimana aturan yang berlaku," kata Joko.

Menurut Joko kendati perkiraan jumlah penumpang pada musim Nataru nanti tak jauh berbeda dengan musim mudik Lebaran, jelasnya, sementara ini belum melakukan penambahan armada. Jumlah armada reguler yang dioperasikan, masih mencukupi kebutuhan transportasi umum baik yang masuk maupun keluar dari terminal Bus Tirtonadi. 

Meski begitu, kata Joko, tetap berkoordinasi dengan sejumlah Perusahaan Otobus (PO) untuk menyiapkan armada cadangan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap diterjunkan agar tak terjadi penumpukan penumpang.

Menjawab pertanyaan penumpang mudik gratis Nataru yang diinisiasi Kementerian Perhubungan, Joko menjelaskan, sementara ini telah tercatat sekitar 50 bus yang akan memasuki Terminal Bus Tirtonadi pada 23 Desember mendatang. "Semua sudah kami persiapkan, diantaranya menyiagakan armada dengan tujuan beberapa kota di sekitar Solo untuk mengangkut peserta mudik gratis menuju kampung halaman masing-masing," ujarnya. (Hut)

BERITA REKOMENDASI