Ternyata Dentuman Itu Suara Pesawat F 16

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sejumlah lokasi di Kecamatan Matesih, Karangpandan dan Ngargoyoso mendadak dipadati warga dari berbagai wilayah untuk memastikan sumber suara dentuman menggelegar, Selasa (30/8/2016). Belakangan diketahui, dentuman itu berasal dari pesawat tempur F16 milik Lanud Iswahyudi, Jawa Timur yang tengah melintas.

Pantauan KRjogja.com, kerumunan warga terlihat di simpang empat Karangpandan-Matesih dan jalur alternatif menuju Tawangmangu dari Polsek Matesih. Warga juga berkerumun di simpang tiga keprabon percabangan ke Ngargoyoso dan Tawangmangu. Mereka penasaran dengan informasi di media sosial yang mengabarkan pesawat jatuh di wilayah tersebut, sehingga mengecek secara langsung kebenarannya. Namun informasi di media sosial tidak terbukti alias hoax. Akhirnya, mereka hanya duduk-duduk di atas sepeda motor sambil berbincang dengan para tetangga ihwal suara dentuman.  

Sementara itu, suara dentuman sempat membuat geger sejumlah PNS yang tengah mengikuti agenda rapat di Kantor Bupati Karanganyar. Begitu pula warga di Sragen, Sukoharjo dan Solo yang juga mendengar suara tersebut.

“Kami langsung melongok keluar melihat langit. Suara dentuman itu sampai menggetarkan kaca jendela,” ujar Prada Amara, Staf Humas Dishubkominfo Karanganyar.

Terkait informasi suara dentuman pesawat, Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak memerintahkan seluruh Kapolsek dan jajarannya menyisir wilayah masing-masing dan memastikannya kondusif. Sebab konsentrasi warga pada situasi tersebut berpotensi membuka celah masuknya tindak kriminalitas. Mengenai sumber suara mengagetkan, Kapolres memastikan bukan pesawat jatuh.

“Setelah saya telepon Kadis Ops Lanud Adi Soemarmo, Letkol Tarigan, dia menyampaikan kemungkinan besar itu dari suara super sonic boom pesawat F16 sedang exercise dari Lanud Madiun. Ketika masuk kecepatan tinggi, seperti itu suaranya. Memang mirip suara ledakan namun bukan pesawat meledak,” katanya.

Hal tersebut dibenarkan Kadis Ops Lanud Adi Soemarmo, Letkol Tarigan. Dikatakannya, pesawat tempur F16 dari Lanud Iswahyudi yang melintas di atas wilayah Solo dan sekitarnya itu mendarat dengan selamat.

“Kami telah mengontak Lanud Iswahyudi, memang benar disana melakukan latihan pesawat tempur F16,” jelasnya singkat. (M-8)

BERITA REKOMENDASI