Tes Cepat Antigen Deteksi Covid-19 dan Persiapan Operasi

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – RSUD Kabupaten Karanganyar mengganti metode screening Covid-19 dari tes usap PCR dengan tes cepat antigen. Cara ini untuk mengefektifkan bangsal isolasi bagi pasien Covid-19. selain itu, tes cepat antigen dibutuhkan pasien jelang tindakan operasi.

Direktur RSUD Kabupaten Karanganyar, Iwan Setiawan Adji mengatakan terdapat tiga bangsal penanganan Covid-19 berisi 72 tempat tidur di ruang ICU, HCU dan isolasi mandiri. Kebanyakan kamar sudah terisi. Bahkan terdapat sejumlah pasien yang belum discreening harus mengantre masuk. Banyaknya pasien suspek Covid-19 yang mengisi ruang isolasi menjadikan fasilitas steril tersebut overload. Mereka menanti hasil tes swab PCR keluar. Mereka ini memiliki gejala terpapar Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif.

“Ruang isolasi seharusnya bagi yang positif Covid-19. Namun suspek juga diperlakukan sama, bisa masuk ke ruang isolasi. Ke depan, ruangan tersebut semaksimal mungkin harus dimanfaatkan bagi yang positif saja. Maka dari itu hasil screeningnya harus diketahui lebih cepat. Sehingga akan dipakai tes cepat antigen. Tes cepat antigen juga diperlukan bagi pasien sebelum dioperasi,” katanya kepada KRJOGJA.com, Selasa (8/12/2020).

BERITA REKOMENDASI