Tiba-tiba Yuni Shara Temui Walikota Solo, Ada Apa?

SOLO (KRjogja.com) – Artis kawakan Yuni Shara, seperti tiba-tiba menemui Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Kehadiran pelantun lagu 'Kasmaran' ini, mengundang perhatian para tamu yang tengah antre menemui Walikota FX Hadi Rudyatmo, sembari berbisik-bisik. Jauh dari dunia keartisan, kedatangan Yuni Shara bersama beberapa rekannya, ternyata menawarkan sistem baru dalam pekerjaan infrastruktur jalan ramah lingkungan yang dikenal dengan istilah eco-cure21.

Ini teknologi baru dalam pembuatan badan jalan, jelas Yuni Shara, tanpa menggunakan batu ataupun aspal sebagaimana pengerasan jalan secara konvensional. Bahan eco-cure21 yang berfungsi sebagai soil stabilizer, jelasnya menjawab wartawan usai menemui Walikota FX Hadi Rudyatmo di Balaikota, Senin (15/8/2016), cukup dicampurkan dengan tanah asli, sehingga sangat hemat biaya, waktu pengerjaan relatif cepat, dan hasil yang diperoleh maksimal.

Sering absen dalam dunia keartisan, terutama menyanyi dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, Yuni Shara lebih fokus pada pekerjaan bidang lain, seperti mengelola sekolah untuk warga miskin, dan belakangan terjun dalam dunia infrastruktur. Dalam kaitan itu, Yuni Shara telah berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia memperkenalkan sistem eco-cure21.

Di sisi lain, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, cukup tertarik dengan sistem eco-cure21 yang disebut-sebut empat kali lebih hemat dibanding biaya pengerasan jalan secara konvensional. Karenanya, sebagai uji coba, dia meminta Yuni Shara bersama tim, untuk mengaplikasikan teknologi tersebut pada jalan lingkungan sekitar Solo Techno Park (STP). Jika berhasil, dirinya bakal menggunakan teknologi ini di beberapa wilayah, seperti di Mojosongo. (Hut)

BERITA REKOMENDASI