Tidak Dianggarkan, Dua Jembatan Batal Diperbaiki

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sebanyak dua jembatan di Kabupaten Sragen yang telah rusak berat dipastikan batal diperbaiki pada 2018 mendatang. Kepastian ini diketahui dari RAPBD 2018 yang tidak menganggarkan perbaikan dua jembatan tersebut.

Kedua jembatan tersebut adalah Jembatan Bejingan Kecamatan Masaran dan Jembatan Musuk Kecamatan Sambirejo. Padahal, kondisi jembatan tersebut sudah rusak berat dan sempat dijanjikan bakal diperbaiki dalam waktu dekat. Tapi justru anggarannya tidak muncul di RAPBD 2018 yang saat ini tengah dibahas.

Wakil Ketua DPRD Sragen, Haryanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2017) mengatakan, perbaikan dua jembatan tersebut sebenarnya pernah muncul di APBD 2017 senilai total Rp 3,9 miliar. Tapi karena mepetnya waktu, anggaran tersebut tidak terserap dan jembatan batal diperbaiki.

"Celakanya lagi, anggaran yang mestinya menjadi Silpa (sisa lebih perhitungan anggaran) itu tidak dihapus di APBD Perubahan 2017. Sehingga paling cepat nanti dianggarkan pada 2019 mendatang, karena RAPBD 2018 sudah dibahas," ujarnya.

Menurut Haryanto, ketidakcermatan eksekutif untuk menghapus anggaran yang tidak terserap dan memasukkan kembali pada RAPBD 2018 jelas merugikan warga. Apalagi warga yang tinggal di sekitar dua jembatan tersebut yang sejak awal sudah bermimpi memiliki jembatan baru.

"Jembatan tersebut saat ini sudah ditutup karena membayakan jika dilintasi kendaraan. Warga terpaksa memutar lebih jauh lewat jalan lain," jelasnya.

Haryanto menyayangkan keteledoran eksekutf dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sehingga jembatan batal diperbaiki. Mestinya perbaikan dua jembatan rusak itu menjadi prioritas, tapi justru gagal dibangun lagi.

"Apalagi anggaran pembangunan infrastruktur pada 2018 mendatang sangat besar dan menjadi prioritas bupati. Lha kok ini jembatan rusak malah gagal dibangun," tambahnya.

Sekda Sragen, Tatag Prabawanto juga memastikan batalnya perbaikan dua jembatan tersebut. Hal ini dikarenakan anggaran jembatan yang tercantum di APBD 2017 belum terserap dan tidak dihapus, sehingga tidak bisa masuk RAPBD 2018. Namun dipastikan anggarannya akan dimasukkan pada RAPBD 2019 mendatang.(Sam)

BERITA REKOMENDASI