Tiket Pesawat Ludes, Bupati Karanganyar Batal Terima Penghargaan

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Bupati Karanganyar Juliyatmono memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana dari pemerintah pusat melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Penghargaan ini diberikan kepada sosok yang dinilai berdedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Penghargaan itu sudah diterima, meski bukan saya langsung yang mengambilnya. Saat serahterima pada tanggal 28 Juli lalu, tiket pesawat ke Kupang ludes,” kata Juliyatmono kepada KRjogja.com, Kamis (4/8/2016).

Namun demikian Bupati sangat berbangga dengan pengakuan pemerintah pusat yang dimaknainya sebagai perjuangan seluruh warga Karanganyar. Ia meyakini hal itu juga dirasakan 29 penerima penghargaan Manggala Karya Kencana yang diserahkan langsung Kepala BKKBN Republik Indonesia, Surya Candra Surapaty. Ia mengatakan capaian tersebut dirintis sejak dirinya belum menjabat bupati Karanganyar. Segala seluk beluk program KB telah diakrabinya sejak remaja, dimana Juliyatmono memenangkan lomba pidato tentang keluarga berencana pada 1990.

“KB tidak boleh dimaknai dengan membatasi angka kelahiran semata. Tapi menciptakan keluarga berkualitas. Merencana pernikahan secara matang sampai asupan nutrisi dan pendidikan terbaik bagi anak. Pemerintah terus mendorong ke arah perbaikan kualitas keluarga supaya derajat kehidupan masyarakat meningkat,” ungkap ayah seorang putra ini. (M-8)

BERITA REKOMENDASI