Tim Gabungan Amankan Makanan Beku Tanpa Label di Solo

SOLO (KRjogja.com) – Tim gabungan Dinas Kesehatan Kota (DKK), Dinas Pertanian (Dispertan), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan instansi terkait mengamankan sejumlah makanan frozen (beku) tanpa label, dalam serangkaian inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah distributor, Kamis (24/11/201). 

Kepala Seksi (Kasi) Farmasi, Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kota Solo, Anom Yuliansyah, mengungkapkan, uji laboratorium dilakukan untuk mengetahui kualitas makanan bersangkutan, diantaranya penggunaan bahan yang tidak direkomendasikan untuk makanan, seperti boraks, zat pewarna tekstil, dan sebagainya. 

"Jika hasil uji laboratorium nanti diketahui adanya kandungan zat berbahaya, akan merekomendasikan agar distrbutor tidak lagi mengedarkan makanan tersebut. Sebaliknya jika hasil uji laboratorium menunjukkan makanan bersangkutan layak konsumsi, akan dilakuklan pembinaan terhadap produsen untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan," ungkapny.

Anom menjelaskan sebagian besar makanan frozen tak berlabel itu, memang produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Karena itu,  produsen kemungkinan belum mengetahui aturan main pelabelan yang harus mencantumkan batas kadaluwarsa, identitas dan alamat produsen, bobot setiap kemasan, izin edar, dan sebagainya. (Hut)

BERITA REKOMENDASI