Tim Gabungan Bersihkan Material Longsor di Wonorejo

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Para sukarelawan dilanda kecemasan bakal diterjang longsor susulan saat membersihkan material longsor di Dusun Kuryo, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso. Hujan yang kembali mengguyur lokasi tersebut sempat menghentikan proses kerja bakti.

“Relawan bersama Satpol, Forkopimca dan warga sekitar membersihkan longsoran di jalan sekitar pukul 08.00 WIB. Belum sampai tengah hari, sudah turun hujan. Mereka yang bekerja bakti di atas tebing berhenti. Khawatirnya malah tanah kembali longsr ke bawah. Sehingga yang di bawah saja yang bersihkan. Faktor cuaca sangat menentukan. Kami sudah mendatangkan satu unit excavator,” kata Plt Camat Jatiyoso, Kusbiyantoro, Senin (15/3).

Longsoran berupa tanah dan batu menutup jalan sepanjang 20 meter penghubung Dusun Kuryo, Desa Wonorejo ke arah Kecamatan Jatiyoso. Kejadiannya pada Minggu sore (14/3). Tebing setinggi 30 meter longsor dan menerjang pepohonan serta tiang listrik PLN. Selain memutus akses lalu lintas juga memadamkan aliran listrik di tiga dusun.

Kusbiyantoro mengatakan, normalisasi aliran listrik tengah dikerjakan PLN. Sedangkan pembersihan lokasi dari material diprediksi berhari-hari tergantung curah hujan. Akses jalan dari Dusun Kuryo, Desa Wonorejo ke arah Kecamatan Jatiyoso melalui jalan itu ditutup untuk sementara waktu. Jarak dari Dusun Kuryo ke arah Kecamatan Jatiyoso apabila melintasi jalan itu sekitar enam kilometer. Warga dari Dusun Kuryo apabila hendak menuju Kecamatan Jatiyoso dialihkan ke selatan (Wonokeling) dan utara (Wonorejo-Beruk).

BERITA REKOMENDASI