Tingkatkan Kualitas Air, Microbubble Generator Kembangkan Budidaya Perikanan

Selain menggunakan perangkat di dalam electronic box, MBG juga mengandalkan keberadaan aerator, yakni perangkat penghasil gelembung udara yang berfungsi menghasilkan tambahan oksigen pada air kolam.

Aerator yang dibuat Aliva ini diklaim memiliki kelebihan menghasilkan gelembung mikro yang tahan lebih lama di dalam air ketimbang aerator yang sudah ada.

“Aerator yang biasa, gelembungnya vertikal, pecahnya keatas, vertikal. Kalau yang ini pecahnya bisa horisontal, pecah didalam. Prinsipnya alat ini seperti aerator sebenarnya,” kata Aliva kepada KRJOGJA.com, Selasa (24/8/2021).

MBG terkoneksi dengan alat monitoring kualitas air kolam, dimana ukuran standar yang digunakan adalah 5 ppm atau standar oksigen larut dalam kolam.

Apabila berada dibawah 5 ppm secara otomatis alat monitoring akan menyala. Namun kalau lebih dari 5 ppm tidak akan menyala. Dengan demikian bisa dikontrol.

“Kalau alat ini dimatikan, kemarin kita melakukan riset ( oksigen yang dihasilkan) masih bisa tahan 1 jam karena fungsinya meningkatkan oksigen terlarut atau DO ( dissolved oxigen),” ujar Aliva.

BERITA REKOMENDASI