Tingkatkan Literasi Teknologi, Mahasiswa UAD Gelar Pelatihan Komputer untuk Pelajar SD

SRAGEN, KRJOGJA.com – Melalui salah satu program dari Kemdikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) yaitu Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar pelatihan pengoperasian komputer kepada siswa SD untuk meningkatkan kemampuan literasi teknologi. Dalam program Kampus Mengajar Angkatan 2 ini, Aldi Ari Irawan dan Linda Febrianti yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UAD mendapat kesempatan mengabdi di SD Negeri Pantirejo 1 yang terletak di Desa Dulas, Kelurahan Pantirejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dua mahasiswa UAD ini bersama dengan 4 mahasiswa dari universitas lain melaksanakan berbagai program kerja selama kurang lebih satu semester yang dimulai sejak awal bulan Agustus 2021 hingga pertengahan bulan Desember 2021. Dalam pelaksanaannya di UAD mahasiswa mendapatkan rekognisi sebanyak 20 SKS, salah satunya yaitu KKN.

Menurut mereka, di jaman yang serba modern ini perlu adanya pembekalan pengetahuan bagi siswa khususnya di bidang teknologi sedini mungkin serta sebagai bekal siswa sebelum menempuh jenjang pendidikan menengah. Kurangnya pengetahuan guru disana akan teknologi juga sangat berdampak pada rendahnya literasi teknologi siswa.

“Dari hasil wawancara kami dengan sebagian siswa disana, sebagian besar mereka menyatakan belum pernah mencoba mengoperasikan komputer selama ini dan tidak tahu apa itu komputer serta tidak adanya ruang laboratorium komputer dan mata pelajaran atau pembekalan siswa tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” ujar Aldi Ari Irawan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UAD.

Melihat hal ini, Senin (15/11/2021) mahasiswa UAD bersama rekan mahasiswa yang lain memberikan program pelatihan komputer kepada siswa kelas IV SD Negeri Pantirejo 1 agar mampu membekali pengetahuan mereka tentang komputer. Kegiatan pelatihan komputer ini dilaksanakan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan di setiap pertemuan akan digilir tiap kelompoknya, hal tersebut dikarenakan terbatasnya ketersediaan komputer yang ada di sekolah. Secara garis besar materi yang diberikan yaitu pengenalan dasar komputer dan Microsoft Office.

Untuk menamankan pengetahuan siswa yang maksimal, pelatihan dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis atau 2 kali dalam sepekannya dari pukul 08.00-09.30 WIB. Pada setiap pertemuan siswa akan diwajibkan mencatat materi yang sudah diajarkan supaya dapat dipelajari kembali diluar jam pelatihan.

“Pelatihan komputer ini dilakukan dengan 3 kali pertemuan pada setiap kelompok, pada pertemuan pertama, siswa akan dikenalkan terlebih dahulu mengenai tombol-tombol pada komputer serta fungsinya kemudian dilanjutkan tentang cara membuka google atau browsing, pada pertemuan kedua siswa akan diperkenalkan mengenai Microsoft Word (pengolah kata), membuat file word dan cara menyimpannya, pada pertemuan ketiga atau pelatihan akhir siswa akan dilanjutkan mengenal Microsoft Excel (pengolah angka),” ujar Linda Febrianti mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UAD.

Diakhir kegiatan pelatihan mahasiswa bersama siswa menonton video youtube melalui komputer dengan siswa sendiri yang mencoba mengoperasikannya, dari hal itu harapannya mampu memberikan keceriaan siswa setelah proses belajaranya.

“Kegiatan ini sangat membantu peningkatan SDM di SD kita tercinta ini, harapan saya dengan pelatihan ini mampu menciptakan lulusan-lulusan yang terampil di bidang teknologi, dan tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah yang unggul,” ujar Munawar, S.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri Pantirejo 1.(*)

UAD

BERITA REKOMENDASI