Tingkatkan PAD, Pemkab Sukoharjo dan PLN Lakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Pemkab Sukoharjo melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo. Kegiatan digelar di pandapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo, Selasa (30/11). Kerjasama tersebut menjadi momentum untuk mendorong kemajuan daerah dengan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh PT PLN UP3 Sukoharjo dengan Pemkab Sukoharjo. Kerjasama ini bisa menjadi momentum untuk mendorong kemajuan daerah dengan meningkatkan PAD melalui penerimaan pajak penerangan jalan (PPJ). Kerjasama ini bisa menjadi pedoman dalam pengelolaan pajak penerangan jalan di Kabupaten Sukoharjo.

Etik Suryani melanjutkan, kerjasama ini akan menjamin pendataan, pengelolaan, perhitungan pemakaian penerangan jalan umum dan non penerangan jalan umum. Selain itu kerjasama ini akan menjamin penambahan dan pengurangan penerangan jalan umum, pembayaran rekening listrik Pemkab Sukoharjo dan penerangan jalan umum serta penyetoran pajak penerangan jalan.

“Pemkab Sukoharjo siap memberikan dukungan penuh kepada PLN dalam menjalankan setiap program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan baik serta menguntungkan bagi kedua pihak sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Sukoharjo serta meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Implementasi dari kerjasama dengan PLN dapat merambah kepada bidang pertanian, UMKM, dan bidang-bidang yang lain sebagaimana yang diprogramkan bersama.

Manajer PLN UP3 Sukoharjo Luky Artanti, mengatakan, penandatangan kerjasama ini dilakukan setiap tahun antara PLN dengan Pemkab Sukoharjo. Penandatanganan sekarang dilakukan setelah kerjasama sebelumnya habis tahun ini. Dengan penandatanganan ini maka kerjasama antara PLN dengan Pemkab Sukoharjo terus berlanjut.

Kerjasama antara PLN dengan Pemkab Sukoharjo ini salah satunya berkaitan dengan penerangan jalan. Kebutuhan listrik untuk penerangan jalan sepenuhnya menjadi kewenangan PLN.

Bentuk tindak lanjut kerjasama berkaitan penerangan jalan sudah dilakukan PLN seperti memasok listrik dan perawatan. Salah satu perawatan lampu penerangan jalan dilakukan dengan memangkas ranting pohon yang mengganggu penerangan jalan dan rawan roboh saat angin kencang.

“Ada hal lain dalam kerjasama dengan Pemkab Sukoharjo tidak hanya penerangan jalan namun juga misalnya pelayanan pelanggan dan tambahan sambungan baru,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI