TMMD Kodim Karanganyar Bangun Jalan Dusun Banyak

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pembangunan jalan dan jembatan di Dusun Banyak, Desa Kadipiro, Jumapolo memudahkan akses jalan tani dan memperpendek jarak menuju pusat perekonomian. Pengerjaan infrastruktur tersebut ditangani para sukarelawan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada program Sengkuyung tahap II.

Jembatan dan pengerasan jalan tersebut dikerjakan selama 21 hari mulai 20 September – 19 Oktober 2016 oleh warga setempat dibantu prajurit TNI dan Polri. Total terdapat 100 orang sukarelawan yang diterjunkan per hari.

“Cor makadam jalan berukuran 880 meter serta pembuatan jalan sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter ini menghubungkan Dusun Banyak ke tiga dusun lainnya. Jarak tempuhnya lebih pendek dan tidak terlalu menanjak. TMMD juga membuat jalan sepanjang 300 meter dan lebar 4,5 meter di ruas lain dusun tersebut,” ujar Dandim 0727 Karanganyar, Letnal Kolonel (Czi) Santy Karsa Tarigan di lapangan Desa Kadipiro, Selasa (20/09/2016).

Para pimpinan instansi di Forkopimda meninjau langsung lokasi pengerjaan dan menyaksikan 10 unit rumah warga berkategori kurang layak huni. Rumah-rumah tersebut menjadi sasaran rehab bersumber dana TMMD Rp 620 juta.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan program TMMD sukses menanggulangi kemiskinan, keterbelakangan, ketertinggalan di daerah pinggiran. Sistem kerja gotong royong pada pengerjaannya menumbuhkan rasa saling menghargai antarsesama. Membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bupati menyebut kemiskinan di Jawa Tengah mencapai 4,507 juta jiwa yang tersebar di 35 kabupaten/kota atau 13,27 persen. (R-10)

BERITA REKOMENDASI