TMMD Reguler Non Fisik Sasar Peternak Sapi Sukorejo

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRJOGJA.com – Program TMMD Reguler 2018 yang digelar Kodim Sragen di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, tak hanya fokus di pembangunan infrastruktur fisik. Kegiatan non fisik juga digelar berupa pembekalan peternak setempat dengan berbagai pengetahuan tentang peternakan.

Salah satunya dengan menghadirkan pakar peternakan dari Dinas Peternakan Sragen, Drh Suprapto di tengah pertemuan yang diikuti para peternak. Suprapto dihadirkan khusus pada Jumat (19/10) untuk memberikan pembekalan kepada peternak sapi dan unggas di Desa Sukorejo dan sekitarnya.
Penyuluhan digelar di Balai Desa Sukorejo, dihadiri puluhan warga yang memiliki ternak, baik kambing atau sapi. Kegiatan ini dihadiri sekitar 70 orang peternak dari desa setempat dan desa sekitar.

Dalam penyuluhannya, Suprapto membeberikan ilmu bagaimana beternak khususnya sapi yang baik mulai dari pemilihan bibit, pembersihan kandang hingga pemenuhan kebutuhan pakan bernutrisi.  Dalam penyluhan itu juga digelar sesi tanya jawab.

Sugiman, peternak asal Desa Sambi menanyakan pernah punya pengalaman tak mengenakkan. Sapi betinanya melahirkan tapi kondisinya sungsang atau terbalik posisinya. Ia saat itu kebingungan bagaimana menanganinya. "Saya bingung akhirnya saya bantu keluarkan paksa tapi akhirnya anaknya mati. Bagaimana kalau begitu Pak, padahal nggak

mungkin di operasi cesar," ujarnya.

Suprapto kemudian menjawab, jika ada  masalah dengan kelahiran ternak atau problem lain, bisa memanggil dokter hewan yang sudah pengalaman supaya segera ditangani. Dia juga menambahkan untuk pemeliharaan sapi tidak cukup hanya memberikan makan sapi asal kenyang. Tetapi harus diberikan tambahan makan sapi seperti rumput supaya indukan sapi mudah untuk reproduksi.

Dandim 0725/Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto mengatakan, kegiatan penyuluhan itu digelar sebagai bagian dari giat non fisik untuk memberikan wawasan tambahan bagi peternak agar bisa mendapat ilmu yang bermanfaat bagi aktivitas peternakannya. (Sam)

 

BERITA REKOMENDASI