TP4D Cek Kondisi Akhir Gedung Baru DPRD Sukoharjo

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo dan Pejabat Penerima Hasil Pembangunan (PPHP) melakukan pengecekan untuk kali terakhir terhadap bangunan gedung baru DPRD Sukoharjo di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo Kota. Hal itu dilakukan sebab sekarang sudah masuk tahap Final Hand Over (FHO) atau penyerahan tahap kedua.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek gedung baru DPRD Sukoharjo, Sutanta, Senin (29/7) mengatakan, secara teknis penyerahan akan dilakukan oleh rekanan pelaksana proyek pada PPK. Namun sebelum diserahkan maka harus dilakukan pengecekan akhir terlebih dahulu dengan melibatkan PPHP dan TP4D.

Nantinya seteleh dicek maka PPHP akan menyerahkan laporan hasil pada PPK. Tahap selanjutnya PPK tinggal menyerahkan pada pengguna anggaran dalam hal ini Sekretaris DPRD Sukoharjo.

“Setelah penyerahan maka secara keseluruhan maka proyek dinyatakan selesai 100 persen. Tapi sebelum itu terlebih dahulu dilakukan pengecekan akhir,” ujarnya.

PPHP dan TP4D Kejari Sukoharjo melakukan pengecekan akhir terhadap semua bangunan gedung baru DPRD Sukoharjo. Petugas juga melihat kondisi kelengkapan fasilitas yang ada. Hal itu untuk memastikan tidak ada kerusakan pada proyek kantor para wakil rakyat di Mandan, Sukoharjo Kota.

“Hasil pengecekan memang semua dalam kondisi bagus dan tidak ada temuan kerusakan,” lanjutnya.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo Joanes Kardinto mengatakan, TP4D sengaja datang langsung melakukan pengecekan karena sesuai jadwal memang sekarang sudah masuk tahap FHO. Kejari Sukoharjo dalam hal ini menerjunkan sejumlah petugas untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Dalam proses pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo TP4D Kejari memang sudah dilibatkan. Setiap tahapan selalu melibatkan TP4D didalamnya. Termasuk saat proses akhir yakni FHO seperti sekarang ini.

“Kondisi terakhir gedung DPRD Sukoharjo di Mandan, Sukoharjo Kota sengaja kami cek. Hal itu dilakukan karena tahapannya demikian sebelum dilakukan penyerahan,” ujarnya.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Sukoharjo Joko Purwanto mengatakan, persiapan masih terus dilakukan sebelum gedung baru DPRD Sukoharjo digunakan. Persiapan tersebut yakni lelang pengadaan mebeler. Diharapkan lelang dapat berjalan dengan lancar sehingga selesai sesuai perencanaan.

Persiapan lelang dilakukan dengan menyusun kelengkapan berkas. Total pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 2,4 miliar untuk pengadaan meja, kursi dan kebutuhan mebeler lainnya.

“Mebeler meja dan kursi baru butuh banyak untuk memenuhi kebutuhan di gedung baru DPRD Sukoharjo khususnya di ruang paripurna. Sekarang masih tahap lelang dan waktu yang ada cukup sampai sebelum September selesai karena ada pelantikan anggota dewan baru,” ujarnya.(Mam)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI