TP4D Cek Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pembangunan Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo senilai Rp 30 miliar lebih selesai dibangun dan diserahterimakan. Pemeriksaan akhir dilakukan untuk memastikan bangunan siap pakai. Tim gabungan melakukan pengecekan langsung dengan mendatangi lokasi pada Rabu (31/1).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, mengatakan, pemeriksaan dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak termasuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Pengecekan langsung dilakukan dengan melihat setiap sudut bangunan di Masjid Agung Baiturrahmah.

Hal itu untuk memastikan bangunan selesai dibangun dan siap dipakai. Dalam pemeriksaan tersebut diketahui proses pembangunan sudah selesai 100 persen. Bahkan telah dilaksanakan serahterima dari rekanan pelaksana kepada Pemkab Sukoharjo pada akhir Desember 2017 lalu.

Posisi sekarang masih masuk masa pemeliharaan selama 360 hari terhitung Desember 2017. Rekanan harus melakukan perbaikan apabila ditemukan beberapa kerusakan. “Dilakukan pengecekan bersama untuk memastikan bangunan siap pakai. Setelah ini Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo akan diresmikan lebih dulu dan baru bisa dipakai,” ujar Suraji.

Sasaran pengecekan seperti pada bagian tembok, genteng, pagar, pintu dan lainnya. Apabila ditemukan kerusakan maka bisa langsung dilakukan perbaikan. “Soal peresmian nanti masih menunggu bapak bupati. Baru setelah ini akan dipakai untuk kegiatan,” lanjutnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sukoharjo Bambang Marwoto mengatakan, dalam pengecekan pihaknya memberikan catatan pada pelaksana. Sebab ada beberapa bagian bangunan membutuhkan perbaikan secepatnya. Salah satunya pada bagian atas bangunan karena genteng bocor dan mengakibatkan plafon, tembok dan lantai lembab. Selain itu cat juga masih basah dan perlu penanganan segera.

“Secara keseluruhan bangunan sudah selesai dibangun 100 persen. Tapi kami memberikan sejumlah catatan salah satunya adanya temuan genteng bocor,” ujarnya.

Kajari menegaskan, bangunan Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo sangat megah. Secara kualitas juga baik karena sudah dilakukan perencanaan. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI