Tradisi Andum Ketupat, Gajahmungkur Dipadati Wisatawan

WONOGIRI,KRJOGJA.com – Ribuan pengunjung terlihat memadati obwis Waduk Gajahmungkur (WGM) Wonogiri, Minggu (2/7/2017). Mereka berbondong-bondong masuk tempat rekreasi terbesar di Wonogiri lantaran disana bersamaan digelar tradisi syawalan Andum Ketupat Lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Wonogiri Sentot Sujarwoko SH didampingi Kepala UPT Obwis WGM Pardiyanto SSos MM memimpin acara tersebut dengan ditandai pembagian ketupat dari panggung hiburan WGM. Ikut memeriahkan acara yang telah menjadi kalender rutin tahunan pengelola WGM parade tari anak yang melibatkan dua sanggar tari di Wonogiri.

Menurut Sentot, acara andum ketupat dalam falsafah masyarakat Jawa mengandung maksud mengakui salah atau mengaku lepat (kupat). "Kita harapkan dengan acara ini obwis WGM semakin dikenal wisatawan yang dampaknya mampu meningkatkan PAD kita," papar Kadisparpora.

Karena banyaknya pengunjung yang sangat antusias mendapatkan ketupat berhadiah ratusan hadiah menarik, pelaksanaan bagi-bagi ketupat digelar dua sesi. Sesi pertama diperuntukkan bagi anak-anak usia SMP ke bawah.

"Pengunjung yang merasa dewasa atau usia SMP ke atas tidak boleh ikut rebutan, nanti silahkan ikut di sesi ke dua," ujar panitia dari atas panggung.(Dsh)

BERITA REKOMENDASI