Transaksi Penjualan Ternak Sapi Mulai Meningkat

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Transaksi perdagangan hewan ternak kambing, domba dan sapi mulai mengalami peningkatan. Kondisi tersebut dipengaruhi dengan semakin dekatnya pelaksanaan hari raya Idul Adha September mendatang.

 

Pedagang sapi di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban, Supardi Rabu (3/8) mengatakan, kondisi sekarang sudah ada peningkatan transaksi hewan ternak. Tidak hanya sapi saja namun juga kambing dan domba. Permintaan hewan ternak tersebut tidak hanya datang dari wilayah Sukoharjo dan Solo Raya saja namun juga luar daerah seperti Jawa Barat hingga Jakarta.

“Dalam sekali transaksi pembelian pedagang dan peternak bisa mengirim dua hingga tiga ekor sapi. Sedangkan untuk kambing dan domba bisa lebih banyak lagi,” ujar Supardi.

Peningkatan aktifitas perdagangan hewan ternak membuat pedagang dan peternak lega. Sebab mereka sudah sangat menantikan momen hari raya Idul Adha untuk mendapat keuntungan lebih. Para pedagang sapi di Pasar Bekonang, Mojolaban mendapatkan pasokan hewan ternak dari peternak lokal. Sapi yang dihasilkan memiliki mutu baik dan berkualitas. Selain itu juga mampu bersaing dengan ternak sapi dari luar daerah.

“Untuk harga sekarang sudah ada pergerakan kenaikan Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor sapi. Satu ekor sapi sekarang dihargai antara Rp 19 juta hingga Rp 20 juta per ekor. Sebelumnya harga paling mahal hanya Rp 16 juta per ekor,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI