Tren Pasien Covid-19 Turun, Bangsal Isolasi Pasien Covid-19 Kembali ke Perawatan Umum

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – RSUD Kabupaten Karanganyar mengembalikan fungsi sebagian ruang isolasi dan perawatan pasien Covid-19 ke ruang rawat inap reguler per 1 April 2021. Penurunan masif jumlah pasien Covid-19 melatarbelakangi kebijakan tersebut.

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Karanganyar, Kristanto Setiawan mengatakan terdapat 119 tempat tidur di ruang perawatan yang masuk bangsal Sakura, Anggrek, Wijaya Kusuma 2, Mawar 1 dan 2. Kondisi saat ini, pasien Covid-19 jarang memenuhi seluruh tempat tidur. Rata-rata keterisian 50-70 tempat tidur mulai awal Januari 2021.

“Per Rabu (10/3) saja terisi 63 pasien rawat inap di bangsal isolasi dari 119 tempat tidur. Kondisi demikian sudah dirasakan sejak awal Januari 2021. RSUD mengambil kebijakan akan mengembalikan sebagian bangsal Covid-19 ke bangsal rawat inap reguler bagi pasien umum. Rencana per 1 April,” kata Kristanto usai mengunjungi vaksinasi bagi awak media di RSUD Karanganyar, Rabu (10/3).

Dikatakan bahwa sekitar 35-40 tempat tidur akan dikembalikan ke bangsal umum. Sebelumnya sudah dua bangsal isolasi dikembalikan ke bangsal umum pada Januari lalu. Prosesnya tidak sederhana, namun diawali dan sterilisasi seluruh alat kesehatan yang sampai sudut-sudut ruangan.

Kemudian masih dikarantina selama dua hari sebelum dipakai di hari ketiga. Pengembalian ke bangsal rawat inap umum juga tidak bersifat permanen. “Jika terjadi ledakan pasien wabah tertentu, maka dapat dibuka lagi ruang isolasi,” katanya.

BERITA REKOMENDASI