Trubus Rahadiansyah: Ada Masalah Serius di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan

SOLO, KRJOGJA.com – Berbagai kasus yang terjadi di dalam lapas maupun di rutan tak pernah mereda hingga saat ini. Belakangan ini muncul berita yang mengungkap bermacam-macam kejahatan di dalam lapas maupun di dalam rutan.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menyoroti sistem dan kinerja Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) mengatakan berita yang mencuat seperti adanya peredaran narkoba di dalam lapas, adanya ruang sel mewah, makanan yang disajikan bagi para napi yang kerap menjadi ajang bisnis yang disinyalir menguntungkan oknum Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) atau oknum Kepala Rumah Tahanan (Karutan) apalagi kalau lapasnya overload.

Carut marut permasalahan di lembaga pemasyarakatan kerap menuai kecaman dari berbagai pihak. Bahkan bobroknya managemen pengelolaan, pengawasan dan pengamanan di lapas yang lemah menjadi bahan kritikan para pengamat maupun para ahli. Begitu pula aksi unjuk rasa menuntut para pejabat di Kemenkumham yang bertanggung jawab atas permasalahan yang muncul untuk segera mundur dan dicopot dari jabatannya.

BERITA REKOMENDASI